Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Menjajal Routerboard Murah RB750

Posted by Farid Ma'ruf pada 08/10/2009

RB750Saat browsing di situs Mikrotik Indonesia (www.mikrotik.co.id), saya menemukan berita menarik tentang hadirnya router terbaru keluaran mikrotik. Satu hal yang paling menarik perhatian saya adalah harganya yang sangat murah, hanya Rp 460 ribu. Dengan harga semurah itu sudah bisa didapatkan router  dengan  spesifikasi yang cukup bagus. Router ini mempunyai prosesor  Atheros 400MHz, dilengkapi dengan OS Mikrotik vers 3.29 lisensi level  4. Sebagai pembanding, tidak ada salahnya kita meihat harga Lisensi Mikrotik Router OS level 4 yang harganya Rp 400 ribu. Berarti, dengan hanya menambah beberapa puluh ribu rupiah saja, kita sudah bisa mendapatkan lisensi level 4 sekaligus routerboardnya.

Tanpa pikir panjang, saya pun langsung memutuskan untuk membeli routerboard ini. Sayangnya, di web mikrotik.co.id tertayang kalimat yang menyatakan bahwa mereka saat ini tidak memiliki persediaan poduk ini. Terpaksa saya mencoba mencari  ke penjual yang lain dan didapatkanlah pada hari itu juga tapi dengan harga Rp 475 ribu.  Lebih mahal sedikit tidak apalah, pikir saya, karena  saya memang sudah tidak sabar untuk  mencoba sendiri  produk murah ini.

Pertama kali melihat kotak kardus  pembungkusnya, terkesan tidak berkelas. Kotak kardusnya hanya berwarna coklat biasa, tidak mengkilap. Ketika saya buka, di dalamnya pun tidak ada kertas bertuliskan satu kalimat pun.  Satu-satunya petunjuk hanya ada di bagian belakang kardus berupa enam kalimat singkat yang menyatakan bahwa port  1 untuk koneksi ke internet, sementara port 2-5 untuk dikoneksikan ke komputer. Juga perintah (tidak wajib tentunya) untuk mengeset IP komputer ke otomatis. Untuk mengakses router, bisa dengan membuka IP default 192.168.88.1, dengan user name : admin, tanpa password. Hal lain yang saya perhatikan, chasing routerborard ini hanya terbuat dari plastik, warnanya putih.

Ketika kita sudah masuk via winbox, akan kita dapati bahwa routerboard ini sudah disetting. Tidak ada salahnya kita memakai setting bawaan ini. Tinggal sesuaikan saja jaringan komputer kita dengan settingan ini.  Akan tetapi,  karena menurut saya kurang praktis (jika harus mengubah settingan IP pada banyak komputer di  tempat saya), maka saya lebih memilih untuk mengubah settingan pada routerboard ini.  Selama saya menyetting (kurang lebih sekitar 20 menit) ternyata routerboard ini sudah cukup panas.  Oleh karena itu, untuk  mencegah panas berlebih, saya dinginkan dengan satu kipas pendingin.

Sampai  tulisan ini saya tulis, berarti sudah lebih dari 12 jam routerboard ini saya jalankan. Sejauh ini, performanya memuaskan.  Proses start dan reboot juga cepat . Semoga sampai besok dan seterusnya, routerboard  Mikrotik RB750 ini tetap bisa diandalkan. Farid Ma’ruf (www.faridmaruf.wordpress.com)

Mikrotik RB750(sumber gambar : http://www.mikrotik.co.id)

81 Tanggapan to “Menjajal Routerboard Murah RB750”

  1. sudarwanto said

    mau tanya untuk rb750 nya sekarang apa masih berjalan bagus ? suka hang karena panas ndak ?

    tanggapan :
    alhamdulillah bisa berjalan dg baik walaupun dinyalakan 24 jam terus-menerus.

  2. esia95094129 said

    Maaf mas mo tanya,
    1. Fungsi RouterBoard ?
    2. Bedanya dengan Router biasa (misal Linkys WRT54G / GL) ?
    3. saya pakai internet dengan modem keluaran RG45, pakai RouterBoard ini bs nga ?

    Sebelumnya makasih atas jawabannya.

    • venssy said

      @esia95094129, kalo saya tidak salah sih
      1.menentukan rute jaringan.
      2.pada router ini tidak terdapat wi-fi, dan bisa di failover dengan jaringan internet lain.
      3.pasti bisa.

  3. 1.Router Board = papan Router yang fungsi utamanya hanya memanagement system yang ada seperti pengaturan IP,Bandwitdh dan lain-lain.
    Namun hanya sebatas PENGATURAN,bukan AKSES POINT.

    2.Linksys WRT54GL adalah jenis Akses Point Router.Selain Akses Point yang mengeluarkan sinyal, didalamnya nya juga terdapat beberapa fitur management bandwitdh seperti QoS,VPN,dll.

    3. Segala macam modem bisa aja mempergunakan RB-750 setelahnya, karena fungsi modem juga berbeda dengan router.

  4. adi said

    mas mau tanya gimana cara reset rb750, sy sudah coba pake tekan tombol tapi bekas setingan sy masih ada jg (sy coba2 sesuaikan dengan ip dikantor). kira2 ada ngak tutorial untuk rb750 nya.. trims sebelumnya

    • agung said

      install ulang system microtiknya aja.

    • venssy said

      @adi
      masuk ke winbox, lalu klik New Terminal, lalu ketik: system reset kemudian enter lalu tekan Y
      jika tidak bisa masuk winbox, cari lubang tembaga yang ada tulisan reset atau rst, lalu nyalakan router tempelkan obeng pada lubang itu dengan tujuan menyatukan sisi tembaga 1 dengan sebelahnya (jumper) tunggu beberapa saat sampai router booting.

  5. Dian_Jogja said

    assalamualaikum wr. wab.

    mas mo tanya donk..

    kemarin kan saya beli RB750 buat gantiin smoothwall yg udah sering eror.. cari yg lmyan murah.. maklum pke uang iuran satu kampung biar bsa ngenet 🙂

    tapi ga tau cara nyeting lewat winbox tu gimana..

    Rencana Skema saya begini..

    Speedy 2 Mbps –> Modem ADSL –> Mikrotik –> AP WRT45GL –> Omni –> Client pake wajanbolic

    gimana ya mas nyetingnya..
    maunya c pake halaman login.. 1 Mac address user 1 password.. trus
    ada 2 grup yaitu buat admin dan user yg terdaftar.
    setiap grup punya kec yg beda2..

    mohon pencerahanya…

    klo mas farid sempet.. tolong dong kasih tutorialnya ke emailku…
    tolong ya mas..

    wassalam..

    • venssy said

      @dian_jogja
      mudah2an saya tidak salah.
      contoh:
      kabel dari modem ADSL colok ke ether1
      kabel ke WRT54GL colok ke ether2

      masuk ke winbox
      klik ip DHCP client -> interface -> ether1
      buat nat -> action -> masquarade
      klik ip dns -> beri tanda centang pada allow remote request -> ok
      kemudian masuk ke ip address -> +
      contoh: 192.168.100.1/24 interface ether2
      kemudian klik ip DHCP server -> setup -> interface ether2 -> next aja terus

      kemudian setting WRT54GL:
      gunakan settingan STATIC IP pada WRT54GL sbb:
      ip address 192.168.100.2
      subnet mask 255.255.255.0
      gateway 192168.100.1
      DNS masukkan dns speedy atau bisa juga ip modem ADSL
      disable DHCP server pada router ini
      kemudian save setting.
      untuk login hotspot saya tidak tau.
      mudah2an ini dapat membantu
      CMIIW

  6. dhewa said

    assalamualaikum wr. wab.

    mas mo tanya donk..

    kemarin kan saya beli RB750 buat gantiin smoothwall yg udah sering eror.. cari yg lmyan murah.. maklum pke uang iuran satu kampung biar bsa ngenet

    tapi ga tau cara nyeting lewat winbox tu gimana..

    Rencana Skema saya begini..

    Speedy 2 Mbps –> Modem ADSL –> Mikrotik –> AP WRT45GL –> Omni –> Client pake wajanbolic

    gimana ya mas nyetingnya..
    maunya c pake halaman login.. 1 Mac address user 1 password.. trus
    ada 2 grup yaitu buat admin dan user yg terdaftar.
    setiap grup punya kec yg beda2..

    mohon pencerahanya…

    klo mas farid sempet.. tolong dong kasih tutorialnya ke emailku…
    tolong ya mas..

    wassalam..

  7. dhewa said

    dan jg saya minta tolong lg saya udah reset rb750x tp kok ngak mau masuk ke webnya tolong dong penjelasanx mas

  8. pardomoan said

    selamat siang pak,,
    saya mau tanya,,gmn dengan topologi setingan rb750 untuk dua modem,,
    dan pembagian masing2 benwit.
    untuk 13 client..
    tanks…

  9. bjay said

    saya mau tanya,,gmn cara setingan rb750 untuk dua modem/load balance,,
    dan pembagian masing2 benwit.
    terima kasih!!!

  10. scooter said

    mas mohon bantuan dunkz,,,,

    mkLum msh newbie, , ,saya baru buka warnet dan mash sdikit pengalman ttg mikrotik…

    mohon pencerahan_a mas,,,

    minta YM_a dunkz mas, ,

    tanggapan :
    silakan sj mas. ym sy : faridm_yk

  11. Anand lage said

    assalamu’alaikum wr.wb
    Met sore mas….

    Mas saya mo tanya dunk…..
    Mas, saya kan ada 4 modem speedy saya mau coba pake routerboard, tp saya tidak tau cara settingnya mas (maklum gaptek, he…he…,) saya tidak pake proxy, mohon pencerahannya ya mas…..

    o ya ada lagi, setting IP di client ma di routerboard gimana mas biar bisa connect kesemua clientnya, apa harus didaftarin smua dulu IP clientnya di routerboard???

    sblmnya saya ucapin trimakasih yg sebesar2nya buat mas, smoga ilmu yg mas berikan bisa bermanfaat bagi saya dan teman2 yg laennya….. 1 x thanks ya mas

    Tanggapan :
    sebenarnya pake routerboard itu sm kok dg pake pc. hanya perangkat/hardware-nya saja yang berbeda. tapi konfigurasi sama. kalau anda sdh bs menyetting mikrotik yg diisntal di PC, maka anda juga pasti bs menyetting mikrotik di routerboard. Terkait 4 modem, apa memang langganan speedy 4 line? Mmg bs. Saya pernah menggabungkan 3 line speedy.
    Ttg IP, tentu harus sekelas. Misal Ip komp router ; 192.168.1.254. IP komp client bs 192.168.1.1, 192.168.1.2, dst

  12. ida said

    saya mau tanya apa bisa menggunakan Router RB750 untuk gabung 2 ip yang berbeda, misal 1 ip dari speedy, sedangkan 1 lagi dari ip fastnet?
    Terima kasih.

  13. fuji said

    salam kenal mas…
    minta setingan yang paling bagus buat warnet dengan RB750 dunk….
    biar penlanggan ga cap warnet lemot…kasih dunk saran…
    ISP speedy 1MB. 8 komputer klien dan 1 OP.

    sebelimnya makasih…

    • buat mas puji, speedy 1 M B sudah lebih dari cukup kalau hanya 8 client. Gunakan bandwith management (pembatasan bandwith untuk tiap client, blocking download manager, optimasi facebook dan texas poker dan game2 yg sedang up seperti point blank), firewall yg ketat.

      • rahmad budiman said

        caranya gimana?
        semua pada ngomong seperti itu optimasi facebook dan poker tapi gak ada yg mau ngasih tau gimana caranya… mbok ya kalo bikin tulisan itu yahhhh gamblangin aja semua ato sekalian nggak usah kasih tau… atau kalo mau yaaaa byar pun jadi tapi kalo bayar yahhh betul2.. karena tohh saya yg notabene orang medan kan nggak mungkin ngejar2 mas yg keberadaannya ntah di mana2…

        Tanggapan :
        Waduhh, sy nggak paham maksud mas apa. Yo nyoba2 aja mas. Sy juga newbie. Just trial and error.

  14. Boegis077 said

    MAs Farid,
    Saya mw beli RB750, tapi tidak tahu cara setting nya,, saya pergunakan speedy 1 line, aemail saya mas andi_sahabudin@yahoo.com

    Tanggapan :
    cara spt mikrotik biasa yang di pc kok. tp klo routerboard lbh mudah krn gak usah install.

  15. firdaus said

    bos scrip utk proxy web efektif ga..?
    kalau efektif gue minta donk scripnya

    Tanggapan :
    wah, klo routerboard ini utk proxy, gak bakalan kuat mas. lha wong memorynya aja cuma 32 MB kok. klo mau aktifkn proxy, pake PC aja. atau pake routerboard ini tapi proxynya pake PC.

  16. erwin said

    salam kenal mas….
    saya mau tanya tentang bagaimana cara setingan RB 750.,n sekalian skema pemasangannya mas…

  17. RONI said

    salam kenal aja gan…
    saya mau nanya rb 750G bisa gak tuk loadbalance 1 lan speedy + 1 lan smart router.?
    mohon pencerahannya ya gan…
    mak lum masih gaptek nich..
    terima kasih

  18. tino said

    salam kenal gan.,
    saya mau nanya, gmana ya caranya setting hotspot warnet pake rb750, saat ini saya sudah punya billingnya, yaitu antamedia,. moho pencerahanya.. terimakasih.

    Tanggapan :
    hotspot sy gak pake billing mas (pake billing manual). jadi gak bs bantu. he he.

  19. Abe said

    Saya mau nanya mas, Saya menggunakan Fastnet dari First Media 512Kbps, terus saya mau buat hotspot kecil-kecilan, saya sudah beli antena omny + nano station 2 (sebagai akses point). Kemudian Nano Station 2 sdh saya install sesuai petunjuk, akan tetapi ketika saya sambungkan ke modem wifi terdeteksi tetapi saya gak bisa akses internet. saya tidak menggunakan router. jadi sistemnyaseperti ini; Antena Omny—Nano Station 2—Modem.

    Mohon pencerahan, terimakasih..

  20. meizo said

    mas saya baru dalam masalah router ini, saya baru mau buka warnet dengan client 10 billing 1, bagaimana cara pengesetan rb750nya ? mohon bantuannya

  21. eko said

    Mas kok dari sekian pertanyaan yang bagus belum di jawab juga..kenaapa..????/

    Tanggapan :
    klo belum djawab, bs jadi krn :
    1. sy blm tahu jawabannya.
    2. sy blm sempat menjawab
    Maka, mhn pengunjung yang lain bantu menjawabnya ya…

  22. tauvan said

    salam kenal mas…

    sy baru beli rb750g. waktu setting pas masuk winbox setelah connect ga sengaja tekan remove all script/address (script ato address–lupa gan tulisannya….., akhirnya setelah itu routerboard ga bisa lg nyambung di komputer server & ga bisa connect internet.

    telah di reset gan, ngikutin cara-cara nysri di om google. sampai skr tetap aja ga bisa. sampai-sampai IP di kompuetr server ga sperti biasanya (169.254.134.145)

    mohon petunjuknya gan…. soalnya newbie setting mikrotik…

    Tanggapan :
    yang ini blm pernah nemui kasus. tp biasanya klo ada tombol reset, maka settingan akan menjadi default.

    • reset ulang mikrotiknya,colok RB langsung ke PC/laptop, trus scan pakai winbox konek lwat mac Address. baru setup ulang mikrotiknya.
      IP komputer jadi seperti itu biasanya kalau pakai DHCP dan DHCP servernya ga bisa assign IP ke komputer itu. Jadi intinya selama belum bisa silahkan di tancap langsung koneksi ke server (bypass mikrotiknya)

  23. @tauvan:
    ini menurut pengetahuan saya,
    kalau sudah di reset. setau saya routerboard akan kembali ke setting IP awal (default) mungkin saja 192.168.88.1. Cara aksesna copot semua koneksi, koneksikan dengan salah satu (coba port 5) lalu setting ulang dari awal semuanya..
    Ini asumsi saya, kalau IP di komputer muncul 169.254.134.145 kemungkinan besar setting IP di NIC komputer anda DHCP, berhubung DHCPnya mikrotiknya sedang error otomatis ga bisa konek, jadi coba setting manual IP pada NIC komputer server (192.168.88.x) anda untuk konfigurasi ulang mikrotiknya baru kemudian nyalakan DHCPnya.

  24. pras said

    numpang lewat mas…

    saya mau tanya cara setting RB 750 dengan setingan sebagai bridge dan dengan IP dynamic

    bisa kah tu ya mas?

    maklum………

    <<newbie

    nanti lau bsa tutorialnya dikirim ke email saya yaa….

    sesudh dan sebelumya saya ucapkan trims………..

    • bisa aja koq RB750 pakai ip dynamic.. (emangnya kenapa kalau IP dynamic ??) lah kemarin saya pasang di warnet yg saya setting itu IP speedynya dynamic. Tinggal set modem ADSLnya di mode bridge, lalu dial PPOE nya di mikrotiknya.
      Paling kesulitannya kalau ingin remote manage RB750nya harus tanya operator warnetnya IP yg sedang aktif itu brapa 🙂
      Tutorialnya nanti kapan saya coba post deh 🙂

  25. eko said

    agan-agan, bisa nggak dituliskan step-by step cara settingnya dari awal, trus ip clientnya diseting lagi sbg lokal nggak, maklum gan bener2 gaptek nih. thx sebelumnya….

    Tanggapan :
    cara setting byk kok di forum. tinggal ikutin aja. coz sy jg belajar dr forum. trus tgt kita suka yg mana, mau dhcp atau gak. tp klo dhcp, ip client jadi ganti2. mending dibikin statis aja.

  26. benny said

    setelah di reset dengan menekan tombol reset RB 750 sy ga ke detect pake winbox di search juga ga ada mac adress nya gimana solusinya mas…??

  27. nondifast said

    mas minta tolong mas. saya pake RB 750 ,KO BISA KONEK YA MAS KLO RB750 ,DI PORT 1 SAYA BUAT MODEM YANG PORT 2 BUAT RB750 , KLO LANGSUNG PAKE MODEM NYA AJA KONEK TAPI PAS RB750 DI PASANG GA KONEK , KIRA2 APA SETINGANNYA YA , SAYA BARU BELAJAR NEH MAS , MOHON BANTUANNYA ?

    Tanggapan : coba ip modem dan ip router disesuaikan dl.

  28. jefri van joost said

    mas, saya menggunakan linksys wrt 54gl ip LAN 169.254.92.153. saya sudah coba browser tapi tidak bisa masuk ke setup nya. Saya sudah coba reset tapi tidak bisa kembali ke mode defaultnya. Linksys WRT 54GL ada CD Run nya saya mau tanya fungsi dari CD run ini bagaimana. tolong mas penjelasannya soalnya saya baru pemula nih pakai linksys wrt 54 gl

    tanggapan :
    kebetulan radio saya beda seri (punya saya Linksys WAP 54G; IP defaultnya 192.168.1.245). btw, silakan coba langkah2 berikut :
    1. reset radio anda (pastikan sudah direset; radio akan restart dan lampunya berkedip2)
    2. ubah ip komputer anda menjadi 192.168.1.2
    3. coba ping ke 192.168.1.1 –>setahu saya, ini ip default utk linksys WRT54GL.
    pastikan reply
    4. buka browser dan akses 192.168.1.1
    5. anda bisa menyetting sesuai keinginan anda.
    oh ya, utk user name coba dikosongin aja (gak usah diisi)
    passwordnya : admin
    smg berhasil. klo blm, jangan nyerah. carii di Google insya Allah akan ketemu ;))

  29. Fahmi said

    Salam kenal..

    aku mau nanya nih.,kalo warnet mau di pasang mikrotik.,apa saja yg perlu di beli selain mikrotik itu sendiri..? ISP speedy 1Mbps.,bisa buat berapa client buat game online? sementara client baru 5 nih..

    Tanggapan ;
    salam kenal juga. yg perlu dibeli ya banyak la. salah satunya, ya komputer. he he. saya pengalaman mengelola game online. jd blm bs koment. tp klo utk browsing,ya tgt selera kita.

  30. iwan said

    bos, makasih infonya…

    lo g keberatan tolong kirim cara seting router boardnya donk.. ke emailku… ^_^

    makash bos sebelumnya…

    Tanggapan :
    Cara setting sama dgn setting pd mikrotik umumnya (pada PC). Yang beda cuma perangkatnya saja.

  31. rhey said

    tanya mas.. RB750 bisa gabungin 2 WAN ga?

    Tanggapan : blum nyoba saya mas. btw, klo mikrotiknya sih bisa. tinggal scr hardware support apa tdk sy blum tahu

  32. Ivan said

    mas aq mau tnya? rb750 bisa konfigurasi gak dengan merk TP-LINK, 3G/3,75G Wirelles N Router TL-MR3420 sebagai AP server soalnya rb750 itu ntr aq mau jadikan di sebagai billing hotspot..

    tanggapan : kemungkinan bisa. tinggal dikoneksikan aja trus diatur ip-nya. saya sendiri sudah memakai rb750 dan dikoneksikan dg radio linksys. lancar2 aja. coba aja diutak-atik ;))

  33. siswanto said

    bos tlong bantu saya, saya baru beli rb750 dengan v4.11, rencana mau saya seting hotspot menggunakan radius user-manager, setelah saya seting, dengan ip yang ke modem 192.168.2.2, ip yang terkoneksi ke PC: 192.168.1.1, dan ip hotspot: 192.168.10.1, dan saya cba kneksi ke internet sdah berhasi, slanjutnya saya seting radius user-maneger dengan ip. 127.0.0.1 secret. 1234, kendalanya knapa kok password yang telah saya generate di userman di berfungsi, tolong klu ada tutorialnya kirimkan lewat email saya. trima kasih sblumnya

  34. bronx sakazakii said

    mass saaya mau pasang router board mikrotik rb 750 tapi sayaa ga taau bagaimana caranya daan konfigurasinya. tolong kirimkaaam ke emaail saaya mas.
    terima kasih

    • takim julak said

      mass saaya mau pasang router board mikrotik rb 750 tapi sayaa ga taau bagaimana caranya daan konfigurasinya. tolong kirimkaaam ke emaail saaya mas.

      saya juga,,,GAN.mohon bantuan nya..

  35. Pagi gan,mau tanya bikin password utk clin konek internet di mikrotik rb 750G gmana gan,saya mau clien di kantor saya semua klu konek ke inter net harus input password.jdi sperti wifi berpasword gan.Cuma ini koneksi kabel,tolong pencerahanya gan tolong kirim tutorial nya ke email saya gan.

  36. obig said

    maaf bang ikut nimprung mau nanya nih,aku bli Rb750 tpi g bsa nyetingnya ada yg mau bantu aku buat nyeting mulai dari awl smpai akhr.intrnet yg sya pakai hospotan ip addres 192.168.100.6 trus Gatway 192.168.100.1 tlngin aku dong.stu per stu dri awl, k email aja ya bang .sblmnya trim

  37. refichaniago said

    tolong gan kasih tau secara detil (step by step) untuk seting IP d mikrotik’a………

  38. mirwan said

    mau tanya sy beli juga rb 750 , namun gak bisa console , ip computer sudah di dinamik kenapa ya mohon pencerahan

    Tanggapan :
    di box luar routerboard ada alamat ip, user name, dan password. login pake itu.

  39. stylus said

    mas saya newbie neh tentang microtik,

    cara seting RB750 ini gmana ya mas..??
    tolog kasi tutorial.a dong

  40. mas saya mau nanya gi mn memasang rb750.???
    saya peke 2 modem…
    kemaren dah saya coba..ketika saya masukan modem ke 2,2 nya malh 1 yg jalan modem nya…????
    oya boleh mintak alamat YM nya g mas…?????
    makasihhh…………..

  41. dimas said

    bang farid saya mw tanya nih
    tu router bisa digunain buat ngblok situs n mmbatasi jam2 pmakaian internet g’ y??
    mksi bang.. 🙂

    Tanggapan :
    Bisa pak. Tapi sy blm nyoba. Tp sy pernah baca di buku ttg mikrotik, bisa.

  42. syaiful guchi said

    salam knl mas mintak tolong!!!
    sya baru beli mikrotik rb 750 tapi gak tau cara setingnya
    mohon bantuannnya mas kirim ke email saya yaamas tanks>..

    tanggapan :
    klo nggak tahu cara setting, pake setingan default sj. ntar pake dhcp. tinggal setting koneksi ke internetnya aja,

  43. Abinya Bitah said

    Assalamualaikum mas Farid, ane lagi nyoba Rb750 tapi koneksi ko selalu server not found ya???Topologinya Internet Speedy–>Modem Dlink–>Rb750–>Client,Billing
    Minta bantuannya ya…klo ada totorial boleh email ke ane ya…Sukron

    Jawaban :
    Tutorial khusus RB 750 sy blm pernah menemukan. Tp scr umum ya sama dgn tutorial mikrotik pada umumnya. Kesalahan pada settingan anda kemungkinan pada IP-nya, atau DNS-nya.
    1. Pastikan koneksi anda beres. Coba koneksi ke internet langsung, dr komputer, modem, Speedy. Pastikan jalan.
    2. IP router harus sekelas dg IP client.
    Silakan dicoba.

  44. mimi said

    mas mau nanya
    kenapa yah rb750 saya kalo konek memakai PPPoe di mkrotik tidak bisa ping keluar jaringan padahal sudah connected.

    ini link gambarny mas

    mksih mas sblumnya

    Tanggapan :
    Wah, mestinya bisa tuh. Coba dicek lg settingannya.

  45. hendry said

    Mas, saya mau minta tolong tutorial awal cara setting RB750, apa yang pertama2 harus sy lakukan..
    sy pake speedy.. tolong langkah2nya satu demi satu.. makasih banyak bantuan dan [erhatiannya
    salam edo

    Tanggapan :
    Secara umum sama dengan setting Mikrotik pada umumnya. Bahkan justru lebih mudah karena tidak ada langkah instalasi. Tinggal colok dan hidupkan saja. Caranya, buka browser anda (misal mozila), kemudian ketikkan alamat IP routerboard anda (IP default). Masukkan user name dan password (default). Unduh Winbox, kemudian silakan disetting sesuai kebutuhan. Alamat IP, user name, dan password default ada di kotak wadah routerboard. Segera ganti sesuai keinginan anda, tapi jangan lupa dicatat/diingat-ingat ya…

  46. terima kasih unutk informasinya

  47. irawan said

    mas saya rencana bikin rt/rw net wifidengan mikrotik rb 750G, saya mau tanya supaya untuk di client otomatis login di modem, soalnya client buat warnet supaya bisa di share ke hub nya,

    terimakasih sebelumnya.
    wassalam

    Irawan saputra

    Tanggapan :
    Sy tdk paham maksud pertanyaannya apa. Apa maksudnya mikrotiknya otomatis login ke speedy atau gmn?

  48. fdelau said

    mas 2 yg punya kemampuan…
    mau nanya ni mas.. saya kan bru beli rb 750 terus mau setting gak bisa.. kebetulan saya pakai 2 modem speedy(2nmr telp) minta tolong mas di kasi tau cara settingnya,, apakah perlu software tambahn apa ngak..??

    mohon bantuannya ..

    terimakasih sblumnya..!!

  49. yudiyustira said

    ane mau nanya,jarak’nya berapa kilo??

  50. 0msat said

    siang mas.
    punten klo mas farid sempet.. tolong dong kasih tutorialnya ke emailku…

    tolong ya mas..

  51. arik said

    mas saya mau nanya, kmrn ditempat saya kena hujan petir….terus habis itu rb saya lsg hank….kenapa ya mas….

  52. asril piter said

    bisa minta tutorial setting koneksi speedy dengan mikrotik rb750, alx bru nyoba juga ne…. mhon bantuanx ya…..
    trima kasih sblumnya…..

  53. endi said

    Bagaimana cara setting Game cross fire online agar status nya “0″, dng MikroTik Rb750

  54. hendri said

    wa…. mang berapaan tu harganya … ?

    Tanggapan : di bawah 500rb (tgt tokonya)

  55. rahmatsyah said

    tolong dong kirimin tuturial nya y……..

  56. Syafruddin said

    assalamualaikum wr. wab.

    mas mo nanya…

    saya ada warkop, kemarin saya beli RB750 buat melengkapi perlatan saya yang ada sekarang.

    Skemanya :

    Speedy 1 Mbps -> Modem Adsl (Articonet ACN-110R) -> AP WRT54GL – IP Camera TL-SC3130G

    Saya kepingin WIFI ada pembatasan al :

    1. Halamana Login
    2. Password login
    3. Waktu Pemakaian (misalnya per 2 jam langsung offline, user harus login lagi dengan pasword baru)
    4. Limit bandwitchnya merata per user
    5. Keamanan dari pemakai yang sering nyeleneh

    Rencana Skema saya begini..

    Speedy 1 Mbps –> Modem ADSL –> Mikrotik RB750 –> AP WRT45GL –> IP Cam TL-SC3130G

    settingnya Mikrotik RB750 gimana mas..

    Mas bisa tolong kasih tutorialnya ke emailku…
    Terima kasih

    wassalam..

  57. seviya said

    bos cara membuka mikrotik yang lupa paswordnya gmana?

    tanggapan :
    direset aj, ntar kembali ke default

  58. Willy said

    assalamualaikum wr. wab.

    mas mo tanya donk..

    saya mau setting RB750 buat di office saya kebetulan ada 6 perangkat Pc di My Office (3 PC,3 laptop) Modem Spedy (“TP-LINK TD-W8101G” ada Wirrelesnya di modem ini)

    tapi ga tau cara nyeting lewat winbox tu gimana..

    Rencana Skema saya begini..

    Modem –> Mikrotik –> Lan (Hub) –> (3 PC pakai kabel UTP)& (3 Laptop pakai Wirreles)

    Mas bisa tolong kasih tutorialnya ke emailku…
    trima kasih sblumnya…..

    wassalam..

  59. eddy said

    mas maaf nih msh newbeee
    cara setting mikrotik rb 750 untuk fastnet
    yang detail yah saya soalnya gatek
    trimakasih….
    email k saya ya caranya

  60. Rush.net said

    bang bisa bantu enggak,, aku beli RB750 dah di seting ama temen ku… masalahnya kalo pas maen PB suka RTO trus ada tulisan Unreachable gitu deh… aku dah test maen Granado espada,Poker , perfect World dan streaming ( di server) ( semua bersamaan) aku test selama 3 jam normal… trus ada 1 klient aku maenin PB 10 menit kemudian RTO, aku coba matikan semua client dan hanya 1 clien yang maen PB 10 menit kemudian RTO + not reachable… aku pake Koneksi 1mbps dengan 5 kompi+ 1 server… gimana bang apa aku salah beli Router nya.. apa setingan nya salah… tolong ya bang … Plisss

  61. ammar said

    mas.saya mau tanya nih
    saya punya warnet dengan paket speedy 1 mb.saya mau nambah paket tapi disarankan sama orang speedy untuk pasang baru aja karena pasang baru dapat promo selama 1tahun.kalau saya mau pakai 2line speedy tapi server saya satu bagaimana cara setingnya .mohon pencerahanya

  62. wahyu said

    mas, pengaturan awal di router board gmn?
    tlong aq diajarin/ di email tutorial langkh2nya dong. punyaQ kox sering error gitu….

  63. deby said

    mau nanya klo saya dirumah pake modem speedy paket 512 mbps merk TPLINK1016G klo gak salah…bisa gak ya pake RB650/750..Tolong pencerahannya ya…sebelum dibeli supaya gak salah beli

    tanggapan :
    tentu bisa asal anda bisa menyettingnya

  64. Alam Omiko said

    Mas, Saya baru membangun warnet kecil-kecilan dengan 7 Unit Pc Client dan 1 Server. Saya hendak memakai RB750. Bisakah mas kirimkan cara mensettingnya via email? sekaligus cara pengaturannya di WinBox nya ya mas. Terima Kasih.

  65. asslm…….
    ikut gabung bro, saya mau nanya ne, gmana ya cara-a membuat ping biar stabil…

  66. mau tanya mas, koq mikrotik RB750 saya sering hang atau lampu line nya tidak hidup.
    tolong ya mas penjelasannya, makasih.

Tinggalkan komentar