Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Ayo Ber Infaq di Jalan Allah

Posted by Farid Ma'ruf pada Februari 19, 2010

Ber-Infaq. Mudah diucapkan, tapi tidak selalu mudah dilakukan. Apakah kita bisa menyamai Umar bin Khattab yang menginfakkan separuh hartanya? Atau bahkan Abu Bakar ash-Shiddiq yang menginfakkan seluruh hartanya?

Agar kita bisa lebih meningkatkan infaq, mari kita sadari bahwa sesungguhnya harta yang kita infakkan sama sekali tidak hilang. Semuanya akan diganti oleh Allah Swt, sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya:

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Allah Swt juga berfirman:

وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ وَمَا تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan) (QS al-Baqarah [2]: 272).

Allah Swt berfirman:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا

Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya (QS al-Muzammil [73]: 20).

Allah Swt berfirman:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui (QS al-Baqarah [2]: 261).

Semoga Allah Swt senantiasa memudahkan urusan kita, memberkahi setiap langkah kita, dan melapangkan rezeki kita, serta segera menurunkan pertolongan-Nya.

(motivasi untuk diriku dan saudara-saudaraku seiman dan seperjuangan)

www.faridmaruf.wordpress.com

https://faridmaruf.files.wordpress.com/2010/02/ayo-ber-infaq-di-jalan-allah.pdf

Satu Tanggapan to “Ayo Ber Infaq di Jalan Allah”

  1. broali said

    Berlomba-lomba dalam kebaikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: