Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Archive for the ‘Dakwah’ Category

Bijakkah Dakwah di Sosmed?

Posted by Farid Ma'ruf pada 11/01/2019

Sebagian orang merasa risih. Dakwah kok di sosmed.
Tapi, kalau bukan untuk dakwah, lantas sosmed untuk apa?

Kalau diisi postingan jalan2, toh banyak juga yang nggak suka.
Dianggep pamer.

Kalau diisi postingan anak istri, toh banyak juga yang nggak suka.
Dianggep nggak peka sama jomblo.

Kalau disii postingan bisnis, toh banyak juga yang nggak suka.
Buka lapak kok di sosmed. Risih yang lihat.

Kalau diisi postingan makanan, toh banyak juga yang nggak suka.
Makanan kok cuma difoto doang, tapi nggak ngasih.

Trus, mau diisi apa hayo punya sosmed?
Kalau semua ada potensi orang tidak suka?

Gini lho.
Di sosmed kita bebas berteman atau follow siapa saja.
Kalau sudah suka, itu dia posting apa saja, kita suka.

Saya berteman dengan akun seseorang yang saya suka.
Itu dia posting apa aja, saya suka.

Soalnya saya sudah terlanjur suka sih sama dia…

Jadi, posting aja semua hal yang memang baik.
Dakwah oke.
Bisnis oke.
Jalan2 oke.

Yang baper, biar itu urusan dia.
Kita nggak perlu repot ngurusi orang baper 

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Fenomena Hijrah, Siapa yang Kepanasan?

Posted by Farid Ma'ruf pada 16/11/2018

Ada seorang klien saya yang mantan pegawai bank luar negeri. Kantornya seringkali juga di luar negeri. Walau pernah juga ditempatkan di Jakarta. Penghasillannya setahu saya ribuan dollar per bulan. Mungkin puluhan juta rupiah jika dirupiahkan. Tapi ia memilih resign dengan alasan menjauhi riba. Kini ia memilih berbisnis dengan kantor kecil di pinggir jalan yang tidak begitu ramai di Jogja.

Ia bisa memilih sikap drastis tersebut karena bertemu dengan aktivis dakwah syariah yang memberikan dia pengertian tentang haramnya riba. Sebelumnya ia sama sekali tidak tahu apa itu riba. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | 1 Comment »

Apa yang Kamu Takutkan dari Syariah Islam?

Posted by Farid Ma'ruf pada 31/10/2018

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (TQS. Al-A’raf: 96).

Orang yang beriman dan bertakwa tentu rindu syariah Islam. Dan Allah sudah janjikan bahwa akan dilimpahkan berkah dari langit dan bumi. Lha kok bisa takut? Justru harusnya kan takut jika mendustakan ayat-ayat Allah karena akan disiksa? Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Medsos untuk Apa?

Posted by Farid Ma'ruf pada 19/10/2018

Jika mungkin akan muncul komentar sbb :

  1. Posting jualan, dikomentari : Jangan jualan di FB! Sebel lihatnya, dijuali terus.
  2. Posting foto narsis, dikomentari : Jangan narsis di FB!
  3. Posting foto makanan, dikomentari : Jangan foto makanan, bikin orang kepengen.
  4. Posting foto bersama istri, dikomentari : Jaga perasaan kaum jomblo !
  5. Posting politik, dikomentari : Jangan posting politik, bikin ilfeel.
  6. Posting curhat, dikomentari : Jangan suka mengeluh di medsos !
  7. Posting nasihat agama, dikomentari : Jangan sok alim, pencitraan !
  8. Posting apapun, akan ada yang komentari : Jangan…. !

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Kesepakatan

Posted by Farid Ma'ruf pada 21/08/2018

Yono dan Yeni menikah. Di awal pernikahan, mereka membuat aturan main dalam keluarga. Salah satunya adalah : tiap pagi hari mulai pk.04.00 harus sudah bangun untuk lari pagi dan senam pagi. Baru boleh selesai pukul 07.00.

Kesepakatan ini dijadikanlah aturan. Anak-anaknya harus sepakat, dan harus melaksanakannya. Jika tidak sepakat dan tidak melaksanakannya, tidak diakui sebagai anak. Akan diusir. Maka patuhlah semua anak-anaknya. Anak-anaknya tsb kemudian juga berkeluarga, dan membuat aturan yang sama. Dan begitu seterusnya sampai generasi keempat. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

PHP, Aku Mau

Posted by Farid Ma'ruf pada 10/08/2018

Suatu hal yang salah, jika diulang-ulang disiarkan, akan dianggap sebagai kebenaran itu sendiri.

Contoh kecil.

PHP singkatan dari apa?

Mungkin akan ada banyak yang menjawab : Pemberi Harapan Palsu. Bahkan ada situs berita besar yang menggunakan PHP sebagai judul berita yang sedang hangat mengenai cawapres.

 

Tapi, benarkah PHP singkatan dari Pemberi Harapan Palsu?

Aslinya tidak begitu. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Generasi Rindu Islam

Posted by Farid Ma'ruf pada 17/06/2018

Generasi Z (usia 18 – 21 tahun) di Indonesia menganggap bahwa agama paling penting. Jumlahnya mencapai 93%. Demikianlah hasil survey Varkey Foundation pada 2017 yang lalu di 20 negara.

Seperti kita tahu, generasi Z ini sangat akrab dengan yang namanya gadget, smartphone, internet, media sosial, kanal video online, dan sejenisnya.

Dengan kata lain, inilah salah satu indikasi keberhasilan para juru dakwah dalam membina masyarakat khususnya untuk segmen generasi muda. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Ramadhan, Dulu dan Sekarang

Posted by Farid Ma'ruf pada 02/06/2018

Apa yang dilakukan para leluhur kita di bulan Ramadhan? Ternyata mereka tidak bersantai-santai saja ongkang-ongkang kaki atai tidur-tiduran melulu di bulan Ramadhan. Justru mereka melakukan tugas-tugas berat yang menguras kekuatan fisik dan psikis. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Leave a Comment »

OMDO dan Aksi Nyata

Posted by Farid Ma'ruf pada 23/05/2018

Paijo sedang susah. Kebutuhan hidup keluarganya Rp2juta/bulan. Sementara penghasilannya hanya Rp300ribu/bulan. Maka, datanglah ia minta tolong kepada dua orang ustadz di daerahnya.

Ustadz pertama yang ia datangi namanya Ustadz Nyoto. Setelah ia ceritakan masalahnya, Ustadz Nyoto segera melakukan aksi nyata berupa bantuan uang Rp50ribu. Paijo gembira, tapi tetap sedih karena keluarganya masih kekurangan uang Rp1.650.000.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Leave a Comment »

Ustadz yang Menyejukkan dan Meresahkan

Posted by Farid Ma'ruf pada 19/05/2018

Saya pernah bertemu orang yang mengaku sudah bertaubat dari maksiat. Awalnya ia biasa melakukan suatu kemaksiatan, dan ia merasa biasa saja (bisa dibilang tidak merasa berdosa). Sampai akhirnya ia menghadiri suatu forum pengajian. Ustadznya menyampaikan bahwa perbuatan tsb termasuk kemaksiatan, dosanya besar, kemudian sang ustadz juga menggambarkan beratnya siksaan di neraka. Saya juga pernah mendengarkan ceramah sang ustadz tersebut. Lucu sih sebenarnya dalam menyampaikan. Tapi orang yang saya ceritakan tersebut mengaku sepulang pengajian menjadi resah.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Leave a Comment »