Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Bijakkah Dakwah di Sosmed?

Posted by Farid Ma'ruf pada 11/01/2019

Sebagian orang merasa risih. Dakwah kok di sosmed.
Tapi, kalau bukan untuk dakwah, lantas sosmed untuk apa?

Kalau diisi postingan jalan2, toh banyak juga yang nggak suka.
Dianggep pamer.

Kalau diisi postingan anak istri, toh banyak juga yang nggak suka.
Dianggep nggak peka sama jomblo.

Kalau disii postingan bisnis, toh banyak juga yang nggak suka.
Buka lapak kok di sosmed. Risih yang lihat.

Kalau diisi postingan makanan, toh banyak juga yang nggak suka.
Makanan kok cuma difoto doang, tapi nggak ngasih.

Trus, mau diisi apa hayo punya sosmed?
Kalau semua ada potensi orang tidak suka?

Gini lho.
Di sosmed kita bebas berteman atau follow siapa saja.
Kalau sudah suka, itu dia posting apa saja, kita suka.

Saya berteman dengan akun seseorang yang saya suka.
Itu dia posting apa aja, saya suka.

Soalnya saya sudah terlanjur suka sih sama dia…

Jadi, posting aja semua hal yang memang baik.
Dakwah oke.
Bisnis oke.
Jalan2 oke.

Yang baper, biar itu urusan dia.
Kita nggak perlu repot ngurusi orang baper 

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Menuliskan Resolusi Harus Siap dengan Sakitnya

Posted by Farid Ma'ruf pada 02/01/2019

Tahun baru, bikin Resolusi 2019. Sudah bikin resolusi?

Nah, tidak jarang kita sangat bersemangat menuliskan resolusi, dan fokus pada enaknya. Padahal, sangat mungkin ada sakit di situ yang harus siap kita hadapi. Bukankah memang harus bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Sah sah saja kita menulis resolusi seperti ini : Baca entri selengkapnya »

Posted in Renungan | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Kiat Praktis Rumah Tangga

Posted by Farid Ma'ruf pada 29/12/2018

T : “Bagaimana caranya agar bisa punya istri seorang mahasiswi?”

J : “Suruh istrimu kuliah lagi.”

 

T : “Bagaimana caranya agar bisa punya penghasilan di atas istri? Soalnya jika penghasilan suami di bawah istri, rasanya kurang pedhe.”

J : “Suruh istrimu resign.” Baca entri selengkapnya »

Posted in Humor | Leave a Comment »

Invasi Budaya

Posted by Farid Ma'ruf pada 12/12/2018

Telah terjadi di Indonesia

Budaya Korea menjadi idola

Kawula muda dan para remaja

Padahal banyak yang jauh dari etika

Juga norma agama. Baca entri selengkapnya »

Posted in Puisi | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Kegilaan Berlandaskan Pemikiran

Posted by Farid Ma'ruf pada 08/12/2018

Ada yang bilang bahwa :

 

When you fall in love…

it is a temporary madness.

 

It erupts like an earthquake,

and then it subsides.

 

And when it subsides,

you have to make a decision. Baca entri selengkapnya »

Posted in Nafsiyah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Fenomena Hijrah, Siapa yang Kepanasan?

Posted by Farid Ma'ruf pada 16/11/2018

Ada seorang klien saya yang mantan pegawai bank luar negeri. Kantornya seringkali juga di luar negeri. Walau pernah juga ditempatkan di Jakarta. Penghasillannya setahu saya ribuan dollar per bulan. Mungkin puluhan juta rupiah jika dirupiahkan. Tapi ia memilih resign dengan alasan menjauhi riba. Kini ia memilih berbisnis dengan kantor kecil di pinggir jalan yang tidak begitu ramai di Jogja.

Ia bisa memilih sikap drastis tersebut karena bertemu dengan aktivis dakwah syariah yang memberikan dia pengertian tentang haramnya riba. Sebelumnya ia sama sekali tidak tahu apa itu riba. Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | 1 Comment »

Seberapa Sulit Mengakui Kesalahan?

Posted by Farid Ma'ruf pada 06/11/2018

Si adik (3 tahun) melemparkan pedang mainan milik kakaknya (6 tahun). Pedang mainan itu kemudian terbelah menjadi dua. Rusak.

Si kakak memarahi adiknya.

SI adik tidak terima disalahkan.

Menurutnya, ia tidak merusakkan pedang mainan itu.

Bertengkar dan berkelahilah mereka.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keluarga | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Apa yang Kamu Takutkan dari Syariah Islam?

Posted by Farid Ma'ruf pada 31/10/2018

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (TQS. Al-A’raf: 96).

Orang yang beriman dan bertakwa tentu rindu syariah Islam. Dan Allah sudah janjikan bahwa akan dilimpahkan berkah dari langit dan bumi. Lha kok bisa takut? Justru harusnya kan takut jika mendustakan ayat-ayat Allah karena akan disiksa? Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »

Kuterima Engkau dengan Basmalah

Posted by Farid Ma'ruf pada 27/10/2018

Demikian bunyi kalimat judul poster pengajian yang aku lihat dari status WA seorang teman. Tema tersebut mengingatkan saya pada judul buku karya M. Fauzil Adhim yang populer sekali beberapa tahun yang lalu. Bisa jadi, buku fenomenal ini menjadi salah satu faktor pendorong keinginan nikah muda khususnya di kalangan aktivis dakwah.

Tapi tema kajian tersebut nampaknya dibalik. Penulis buku tersebut laki-laki sehingga judulnya juga bergaya laki-laki. Menceritakan kisah si penulis yang nikah muda dengan segala macam lika-liku perjuangannya. Baca entri selengkapnya »

Posted in Keluarga | Leave a Comment »

Medsos untuk Apa?

Posted by Farid Ma'ruf pada 19/10/2018

Jika mungkin akan muncul komentar sbb :

  1. Posting jualan, dikomentari : Jangan jualan di FB! Sebel lihatnya, dijuali terus.
  2. Posting foto narsis, dikomentari : Jangan narsis di FB!
  3. Posting foto makanan, dikomentari : Jangan foto makanan, bikin orang kepengen.
  4. Posting foto bersama istri, dikomentari : Jaga perasaan kaum jomblo !
  5. Posting politik, dikomentari : Jangan posting politik, bikin ilfeel.
  6. Posting curhat, dikomentari : Jangan suka mengeluh di medsos !
  7. Posting nasihat agama, dikomentari : Jangan sok alim, pencitraan !
  8. Posting apapun, akan ada yang komentari : Jangan…. !

Baca entri selengkapnya »

Posted in Dakwah | Dengan kaitkata: | Leave a Comment »