Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Catatan untuk Akhwat Rider

Posted by Farid Ma'ruf pada 28/07/2018

Tadi saya terburu-buru mendatangi suatu acara karena harus menyelesaikan urusan lain terlebih dahulu. Karena terburu-buru, tentu saya mengendarai sepeda motor agak lebih cepat daripada kecepatan normal saya biasanya. Di jalan utara Masjid Agung, tiba-tiba, wuzzz…..

Saya disalip dari sisi kiri. Agak kaget tentu saja. Pengendara sepeda motor yang mendahului (menyalip) ternyata seorang perempuan, memakai baju gamis, kerudungnya warna hitam dengan ukurannya besar. Saking besarnya, ujung kerudung itu (jika saya tidak salah identifikasi) hampir menyentuh aspal, sekitar 10cm di atas aspal mungkin.

Beberapa ratus meter di depan, ada truk kontainer yang besar. Posisi truk hampir memenuhi separuh jalan yang memang tidak begitu lebar. Saya memilih menjaga jarak sekitar 3 detik karena untuk menyalip tidak mudah, harus melompati garis putus-putus di tengah, sementara dari arah sebaliknya masih banyak kendaraan.

Sementara itu, si penyalip tadi (saya sebut saja Akhwat Rider) berada sangat mepet di belakang truk kontainer tersebut, mungkin di jarak 1 meter atau kurang. Bersiap menyalipnya dalam kecepatan sekitar 40km/jam. Dan, ia berhasil menyalip truk tersebut tanpa butuh waktu lama. Saya pun juga menyalip truk tersebut di belakangnya.

Di tikungan tajam berikutnya, si akhwat rider juga dengan enteng menyalip lagi sebuah mobil, sementara saya menyalipnya belakangan setelah pastikan aman. Si akhwat nampaknya memang mengebut terus. Kami terus terus berada dalam posisi depan belakang sampai akhirnya berpisah di sebuah perempatan. Ia lurus, sementara saya belok kanan.

Terus, apa sih pentingnya dibuat catatan ini? Memang ada faedahnya ya?

Nah, ini ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya.

Pertama, hendaknya jangan menyalip kendaraan lain dari sebelah kiri. Itu berbahaya. Harusnya jika akan mendahului kendaraan lain, dahuluilah dari sisi kanan. Menyalip dari sisi kiri hanya boleh jika kondisi darurat.

Kedua, jaga jarak aman. Jika kendaraan di depan kita berhenti mendadak, apapun sebabnya, kita harus bisa berhenti tanpa menabraknya. Jarak aman yang biasa direkomendasikan adalah 3 detik. Maksudnya, kita bisa memberhentikan kendaraan kita dalam waktu maksimal 3 detik. Jika kecepatan kendaraan lebih tinggi, tentu jaraknya lebih jauh, bisa sampai 10 meter atau lebih. Tapi jika kecepatan rendah, misalnya kondisi jalan padat merayap, jarak 1 meter atau bahkan kurang juga tidak apa-apa.

Ketiga, ukuran kerudung tidak harus terlalu besar. Menurut ketentuan syariah, kerudung harus sampai menutup dada. Tapi tidak harus besar dan panjang sampai hampir menyentuh lantai. Selain boros kain, juga bisa berbahaya. Sepeda motor keluaran baru sekarang ini, banyak yang rantainya tidak tertutup. Jika kerudung masuk ke situ, bisa berbahaya. Pengendara bisa jatuh terpelanting di jalan raya. Atau pernah juga saya lihat, ada akhwat berkerudung besar yang kerudungnya justru menutup lampu sein belakang. Akibatnya, jika kendaraan menyalakan lampu sein karena ingin belok, bisa jadi justru tidak kelihatan dari belakang. Berbahaya juga.

Demikianlah beberapa catatan yang semoga ada faedahnya, khususnya bagi para akhwat rider. Anda adalah wanita harapan umat. Tentu sangat penting menjaga keselamatannya, termasuk ketika di jalan. Dan jangan sampai ketika celaka malah di-syukur-kan oleh masyarakat yang menolong atau melihat “Makanya Neng, nggak usah pakai kerudung dan baju besar-besar, malah bikin celaka.” Kita tentu tidak mau itu terjadi kan? (www.faridmaruf.wordpress.com)

Sumber gambar di sini, dengan editan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: