Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

OMDO dan Aksi Nyata

Posted by Farid Ma'ruf pada 23/05/2018

Paijo sedang susah. Kebutuhan hidup keluarganya Rp2juta/bulan. Sementara penghasilannya hanya Rp300ribu/bulan. Maka, datanglah ia minta tolong kepada dua orang ustadz di daerahnya.

Ustadz pertama yang ia datangi namanya Ustadz Nyoto. Setelah ia ceritakan masalahnya, Ustadz Nyoto segera melakukan aksi nyata berupa bantuan uang Rp50ribu. Paijo gembira, tapi tetap sedih karena keluarganya masih kekurangan uang Rp1.650.000.

Paijo kemudian datang ke rumah Ustadz Dodo. Setelah ia ceritakan masalahnya, Ustadz Dodo memberikan saran-saran. Ternyata, saran yang diberikan adalah sebuah ilmu bisnis yang tidak pernah diketahui Paijo sebelumnya. Ilmu bisnis ini bisa dipraktekkan dengan modal dengkul, tapi hasilnya bisa lumayan. Berkat ilmu bisnis dari Ustadz Dodo, Paijo bulan depannya sudah berpenghasilan Rp2juta/bulan. Bulan depannya menjadi Rp3juta/bulan. Dan terus meningkat di bulan-bulan berikutnya.

Kisah di atas fiktif saja. Tetapi bisa memberikan gambaran kepada kita bahwa sesuatu yang disebut aksi nyata itu tidak selalu cukup untuk menyelesaikan masalah. Memang tentu saja aksi nyata berpahala. Aksi omdo (dengan memberikan saran-saran) juga berpahala. Keduanya baik, sama-sama mendatangkan pahala. Namun sebaiknya jangan dipertentangkan.

Adakalanya, untuk urusan jangka pendek, dibutuhkan aksi nyata. Tapi seringkali dalam aspek jangka panjang, dibutuhkan omdo. Jika semua diselesaikan dengan aksi nyata, bisa jadi masalah justru tidak pernah selesai. Butuh aktivitas berikutnya yaitu omdo.

Omdo dengan fokus menghasilkan kesadaran umat terhadap akar masalahnya, kemudian mengetahui solusinya. Umat Islam adalah umat yang besar dan kuat. Namun saat ini posisinya lemah, termasuk lemah secara ekonomi. (Farid Ma’ruf)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: