Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Waspadai Pencemaran Produk Turunan Babi pada Makanan, Minuman, Obat, dan Kosmetik (Dokumen dan Rekaman Kajian)

Posted by Farid Ma'ruf pada 07/09/2017

Bersama : Ust. Nanung Danar Dono, Ph.D. (Dosen Fak. Peternakan UGM, LPPOM MUI DIY)

Alhamdulillah bisa hadir kembali dalam forum yang dinanti-nantikan ini. Sempat kemrungsung karena sesaat sebelum berangkat ke UGM yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam, ada tamu yang datang tanpa janjian. Mau “diusir” kok tidak enak. Soalnya sudah datang jauh-jauh dari luar kota. He he he.

Ketika mengikuti acara ini, banyak peserta nampak terkaget-kaget karena begitu banyaknya produk turunan babi yang digunakan dalam banyak produk yang dekat dengan keseharian kita. Bahkan digunakan untuk produk-produk yang sebelumnya tidak terbayangkan. Misalnya : pengemulsi susu (susu formula). Susu formula tersebut dari susu sapi, ternyata pengemulsinya ada unsur babi. Begitu juga digunakan dalam es krim. Bahkan yang sangat membuat kaget, di masyarakat banyak beredar roti yang ketika proses ada olesan kuas babi. Padahal semua bahan roti tersebut halal. Hanya dalam satu proses akhir saja ada kuas yang digunakan, dan ternyata banyak digunakan kuas dari babi. Pembuat produk roti tersebut bisa jadi tidak bermaksud menggunakan kuas babi, tapi ia benar-benar tidak tahu jika itu kuas babi. Sehingga wajar jika pembuatnya meraya yakin 100% produknya halal dimakan.

Pencemaran produk turunan babi juga menyebar di berbagai produk yang sehari-hari bisa jadi dikonsumsi atau digunakan masyarakat. Misalnya : Roti, coklat, permen, filter air mineral, soft kapsul, bahan lem kayu untuk pertukangan, pengemulsi susu, tas kulit, sepatu kulit, dan masih banyak lagi.

Selain menyimak PDF (hasil convert file presentasi) ini, saya sarankan anda juga menyimak secara utuh rekaman ceramah Ust. Nanung Danar Dono ini, karena ada banyak penjelasan tambahan yang tidak ada di file, juga dilengkapi dengan soal jawab.

Materi dalam pertemuan keempat ini masih agak global, dan Insya Allah akan dibahas dengan lebih spesifik dalam beberapa kesempatan berikutnya.

Video rekaman ada Youtube. Untuk mengunduhnya secara mudah, bisa menggunakan website atau  aplikasi pengunduh video Youtube. Semoga bermanfaat. (www.faridmaruf.wordpress.com)

Link Materi (PDF; 6,3MB)

Link Video (296MB untuk video kualitas standard)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: