Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Perkara Paling Sulit di Dunia

Posted by Farid Ma'ruf pada November 23, 2015

Salah satu perkara paling sulit di dunia sekarang ini adalah mencari jodoh yang baik dan cocok/disukai. Coba bayangkan, jika standard gadis yang dicari adalah :
1. Sholihah (baik agamanya).
2. Cantik.
3. Kaya.
4. Keturunan dari orang baik-baik.

Coba hitung. Jika ada 1000 gadis yang anda ketahui (belum tentu saling mengenal), berapa jumlah gadis yang memenuhi kriteria tersebut? Kumpulkan saja data dari teman sedesa, teman TK, SD, SMP, SMA, Kuliah (termasuk teman organisasi kampus). Ada berapa gadis? 1000? 2000? Atau lebih banyak? Hebat jika bisa mengenal gadis sampai lebih dari 2000.

 

Untuk memenuhi kriteria pertama saja, yaitu sholihah, mungkin angkanya hanya 1% saja, atau bahkan kurang. Jadi kalau ada 2000 gadis yang anda kenal, hanya 20 gadis yang sholihah.
Dari 20 gadis sholihah tersebut, berapa yang cantik? Mungkin hanya 10% saja alias hanya 2 orang. Dari 2 orang tersebut, berapa yang kaya? Mungkin tidak ada. Dari 2 orang tersebut, berapa yang dari keturunan baik-baik? Katakanlah keduanya.

Baiklah, dari 2000 gadis, sudah ditemukan 2 kandidat, walau tidak kaya.
Berarti hanya 1 banding 1000.
Okelah, akan dilamar salah satu dari 2 gadis tersebut.

Masalah selesai?

Belum.
Ternyata, dari 2 gadis tersebut, belum tentu mau anda lamar. Bisa jadi, ia juga punya standard-standard tertentu. Dan, laki-laki yang datang melamar (yaitu anda) belum tentu masuk kriterianya.
Nah, susah kan?

Lantas bagaimana jika gadis yang anda kenal tidak sampai 2000? Angka 2000 itu sudah besar banget. Realitasnya, mungkin kebanyakan orang hanya kenal sampai di angka 200 saja. Tentu orang seperti itu akan tambah susah lagi. Apalagi jika 200 gadis itu, ia kenal di lingkungan yang biasa saja alias bukan lingkungan Islami. Bisa jadi, dari 200 gadis, satupun tidak ada yang sholihah,

Jadi, jika sekarang sudah menemukan jodoh yang cocok dan disukai, itu sesuatu yang sangat wajib disyukuri. Itu termasuk kejadian yang luar biasa banget. Menakjubkan. Kejadian langka.
Kebanyakan orang mungkin mendapatkan jodoh yang hanya “seadanya”.

Oleh karena itu, dalam urusan mencari jodoh ini, kita sangat butuh khilafah.

Dalam sistem khilafah, persentase orang yang bertaqwa insya Allah akan lebih besar. Dari 1000 gadis, mungkin 900 diantaranya adalah gadis yang sholihah. Jika yang cantik ada 10 persen, itu berarti 90 orang. Banyak pilihannya. Dari 90 gadis, apa iya akan menolak lamaran semuanya….??
(www.faridmaruf.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: