Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Menghukum Laki-laki Ganteng

Posted by Farid Ma'ruf pada Maret 3, 2015

Ganteng itu BolehSalah satu nasihat yang sering saya temukan adalah seruan kepada akhwat untuk tidak pasang foto di media sosial. Alasannya, walaupun hukumnya mubah, tapi bisa membuat laki-laki tertarik. Laki-laki cenderung tidak bisa menjaga mata.

Namun tampaknya banyak yang lupa, bahwa sesungguhnya hal yang sama (tergoda) juga bisa terjadi pada perempuan. Artinya, kaum laki-laki sebaiknya juga berhati-hati dalam hal upload foto. Pilihlah foto yang memang layak diupload. Apalagi kalau sampai upload foto “seksi”, tentu jangan dilakukan.

Kisah di masa lalu bisa kita jadikan pelajaran.

Kisah Nabi Yusuf

Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan), kemudian dia berkata (kepada Yusuf): “Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka”. Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupa) nya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (TQS Yusuf : 31).

Wanita itu berkata: “Itulah dia orang yang kamu cela aku karena (tertarik) kepadanya, dan sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya (kepadaku) akan tetapi dia menolak. Dan sesungguhnya jika dia tidak mentaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina.” (TQS Yusuf : 32).

Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.” (TQS Yusuf : 33).

Nabi Yusuf sebagai hamba Allah yang bertaqwa, tentu tidak mau memenuhi keinginan wanita yang menggodanya, walaupun cantik. Beliau lebih memilih masuk penjara daripada berzina dengan wanita bangsawan yang cantik dan menggoda.

Kisah perempuan-perempuan yang tertarik ketika melihat Nabi Yusuf menjadi salah satu bukti bahwa kaum perempuan pun bisa tidak dapat mengendalikan pandangan matanya. Oleh karena itu, klaim bahwa laki-laki tidak bisa menjaga mata, sementara perempuan bisa, itu tidak sepenuhnya benar. Baik laki-laki maupun  perempuan belum tentu bisa menjaga pandangan matanya.

Kisah Umar bin Khattab :

Saat Umar bin al Khattab beronda pada suatu malam tiba-tiba beliau mendengar seorang perempuan yang mengatakan:

Adakah jalan untuk meminum khamar#

Adakah jalan untuk bersua dengan Nasr bin Hajaj

Ketika pagi tiba beliau bertanya-tanya tentang siapakah laki-laki yang bernam Nasr bin Hajaj. Ternyata dia adalah seorang dari Bani Sulaim.

Beliau lantas mengutus seseorang untuk memanggil orang tersebut. Ternyata dia adalah seorang laki-laki yang sangat menawan rambutnya dan wajahnya pun nampak sangat bercahaya. Khalifah Umar lantas memerintahkan untuk mencukur habis rambut kepalanya. Setelah rambutnya dipangkas habis, dahinya nampak menonjol keluar. Jadilah lelaki tersebut semakin ganteng. Umar pun memerintahkan orang tersebut agar mengenakan sorban. Setelah memakai sorban orang tersebut malah bertambah ganteng.

Akhirnya Khalifah Umar mengatakan, “Demi Allah, zat yang jiwaku ada di tangan-Nya aku tidak mau satu daerah dengan orang tersebut”. Beliau lantas memerintahkan orang tersebut agar memperbaiki diri dan memerintahkannya agar pergi ke Basrah.

Tindakan Umar kepada laki-laki tersebut adalah sebagai salah satu wujud penjagaan negara kepada rakyatnya. Ketika beliau sebagai kepala negara menemukan fakta bahwa banyak perempuan yang tergoda dengan laki-laki tersebut, maka beliau pun mengambil sikap. Beliau tidak membiarkan kaum perempuan tergoda untuk berbuat maksiat. (www.faridmaruf.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: