Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Bahaya Salah Fokus dalam Perjuangan

Posted by Farid Ma'ruf pada Januari 8, 2015

Pernahkah menemukan orang yang galau karena merasa usia sudah semakin tua tapi belum juga menikah? Mungkin tidak hanya pernah, tapi sering. Di saat yang sama, orang yang galau nikah tersebut tidak galau ketika khilafah belum juga berdiri. Ia kelihatan tenang-tenang saja. Tidak nampak galau seperti galaunya karena belum menikah.

Contoh di atas adalah salah satu contoh salah fokus dalam memandang hukum-hukum Islam. Mengapa bisa disebut salah fokus? Mari kita kaji. Menikah hukumnya sunnah, bukan wajib. Tidak menikah, tidak berdosa. Sementara itu, memperjuangkan tegaknya khilafah adalah wajib. Tidak berjuang, berarti dosa.

Mana yang lebih prioritas? Menikah atau memperjuangkan tegaknya khilafah? Tentu memperjuangkan tegaknya khilafah. Tapi, memperjuangkan tegaknya khilafah tentu tidak mengharuskan pejuangnya tidak menikah. Bisa dijalankan semua. Berjuang iya, menikah juga iya. Tapi jangan sampai terjadi, habis-habisan waktu dan energi dalam memikirkan (atau melamunkan) pernikahan, tapi lupa atau justru tidak sempat memperjuangkan tegaknya khilafah. Ini yang disebut salah fokus.

Sebenarnya, ada banyak contoh-contoh lain dalam masalah salah fokus ini. Tetapi dalam tulisan kali ini, saya beri contoh satu kasus saja. Silakan anda cari sendiri, renungkan! Kira-kira selama ini salah fokus atau tidak? Mungkin dalam perkara lain, bukan masalah pernikahan. Tapi ketahuilah, contohnya banyak sekali. (www.faridmaruf.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: