Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Berteman di Facebook Kadang Lucu

Posted by Farid Ma'ruf pada November 10, 2013

ppAda satu akun Facebook milik seseorang (saya lupa waktu itu statusnya menjadi friend atau tidak karena saya kurang memperhatikan), sebut saja akun X, yang kirim pesan pribadi ke akun Facebook saya. Pesan pertama masuk pada 25 Oktober 2010 (berarti sudah tiga tahun yang lalu). Setelah itu masih banyak pesan yang masuk, dan terjadi tanya jawab di sana. Tapi karena sering ada pesan-pesan masuk baik via inbox Facebook atau email, maka saya memang menjadi kurang perhatian sama akun X ini (baca : lupa).

Saya punya persepsi bahwa akun X tersebut milik mahasiwa Hamfara yang pernah menjadi panitia yang kebetulan saya sebagai ketuanya (Konjab 2011).

 

Persepsi itu bertahan sampai sampai pertengahan 2013. Sampai ketika adik saya mulai kuliah di UGM dan aktif di kegiatan dakwah kampus. Ternyata akun X ini kok banyak temannya yang UGM. Oh, berarti saya salah. Berarti akun X ini akun mahasiswa UGM.

 

Suatu ketika istri saya bertanya, “Akun siapa to ini Bi?” Saya jawab : “Mahasiswa UGM. Ini lho orangnya (nunjuk foto seseorang dari salah satu akun Facebook)”.

Beberapa waktu kemudian baru saya tahu, ternyata saya salah lagi. Foto tersebut bukan foto pemilik akun X, tapi milik akun Y.

Saya pun tanya adik saya, “Siapa pemilik akun X ini?”. Eh, jawaban adik saya lain lagi. “Sepertinya itu mahasiswa UNY.”

Sampai sekarang (sampai tulisan ini ditulis pada 10 November 2013), saya masih tidak tahu, siapa pemilik akun X ini, walaupun saya lihat di history percakapan, ternyata ada lebih dari 132 kali percakapan…

 

Jika seperti ini, mungkin memang bisa disebut kalau Facebook adalah dunia “maya” (karena tidak jelas siapa orangnya).

 

Kasus lucu seperti ini memang bukan kali ini saja terjadi. Ada akun-akun lain yang kejadiannya lucu-lucu juga. Heboh ketika kopdar. Ada orang yang baru pertama kali bertemu saya, eh sudah langsung pelukan kenceng banget. Seperti memeluk teman akrab yang lama tidak bertemu.

 

Ada yang bertemu langsung bilang “Ustadz Farid ya?” Kok masih muda?

“Lho, lha memangnya saya sudah tua?” Tanya saya.

“Kalau foto di Facebook, kelihatan sudah tua. Tapi aslinya kok masih muda ya?” Lanjutnya.

 

Poin Penting:

Apapun akun kita, pastikan ada banyak manfaatnya. Baik akun Facebook dengan data yang real, atau akun yang tidak jelas identitasnya. (www.faridm.com)

 

Update (11 November 2013)

 Akhirnya terjawab juga siapa pemilik akun X.Barusan ada inbox masuk. Akun X dimiilki oleh mahasiwa UIN.Benar bahwa ia anggota panitia Konjab 2011 yang saya menjadi ketuanya, tetapi saya salah identifikasi kampusnya.

Tinggalkan Balasan

 
