Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Rahasia di Balik Kesuksesan

Posted by Farid Ma'ruf pada Oktober 21, 2013

band-of-brothersApa film mini seri yang paling saya suka, sampai rela menontonnya berulang-ulang? Jawabannya adalah film Band of Brothers. Pertama kali menonton di layar kaca sekitar tahun 2001 atau 2002 (lupa persisnya). Masih tidak puas kemudian saya buru vcd-nya. Ada Carentan, Bastogne, The Last Patrol, Why We Fight, Replacements, dan episode-episode menarik lainnya.

 

Bercerita tentang pasukan penerjun Easy Company, dengan karakter utama Mayor Richard “Dick” Winters, Komandan Paratroopers Easy Company, 2nd Battalion, 506th Parachute Infantry Regiment, 101st Airborne Division selama World War II melawan pasukan-pasukan Jerman. Mulai diterjunkan sejak peperangan di Normandy Perancis,  sukses melewati pertempuran D-Day, Operation Market Garden, Battle of the Bulge, dan akhirnya menguasai Eagle’s Nest, rumah peristirahatan Hitler dan petinggi Nazi di Gunung Kehlstein.

 

Film ini menarik bukan sekedar karena ada banyak adegan perangnya, tapi ada beberapa hal yang patut kita renungkan di sana :

  1. Kesuksesan membutuhkan pemimpin yang cerdas, berani, serta anak buah yang cerdas juga, berani, serta taat pada perintah.
  2. Pemimpin bodoh dan penakut menimbulkan bahaya bagi semua pasukan.
  3. Pemimpin harus kreatif dan inovatif dalam upaya meraih tujuan.
  4. Taat perintah komandan adalah perkara yang kadang terasa sangat sulit, tetapi harus dijalani sebagai pasukan.
  5. Bagaimana pemimpin menengah menyampaikan perintah yang berat dari pemimpin tertinggi kepada pemimpin level bawah. Dan bagaimana pemimpin level bawah (yang berhubungan langsung dengan anggota pasukan) menyampaikan perintah tersebut kepada anggota pasukannya.
  6. Bagaimana sikap ketika pasukan-pasukan senior (yang sudah mempunyai banyak pengalaman tempur di lapangan) bertemu dengan Junior unyu-unyu yang baru saja lulus dari akademi militer West Point, sama sekali tidak mempunyai pengalaman tempur di lapangan, tapi Junior tersebut pangkatnya lebih tinggi (perwira)?
  7. Bagaimana sikap seorang pemimpin yang menemukan anak buah yang frustasi dan ketakutan? Sementara rasa frustasi dan ketakutan sangat mudah menyebar ke anggota pasukan lainnya? Dan itu sangat berbahaya bagi kesuksesan misi.
  8. Kekompakan tim sangat penting untuk meraih kesuksesan.
  9. Saat merasa sebagai pasukan elit yang dibutuhkan.
  10. Bagaimana ketika perjuangan hidup-mati pasukan, ternyata tidak dihargai masyarakat umum.

Walaupun banyak hal bisa menjadi bahan perenungan di sana, tapi memang tidak bisa kita jadikan sebagai sumber ilmu pelajaran. Namun setidaknya, masalah-masalah itulah yang mungkin akan kita temukan dalam upaya-upaya meraih tujuan organisasi. (www.faridm.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: