Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Mengapa Saya Bisnis Online?

Posted by Farid Ma'ruf pada November 6, 2012

Dulu saya membuka toko offline dan saya jaga sendiri (tidak ada pegawai). Karena menunggu toko itu membosankan, maka saya sambi (apa ya bahasa Indonesianya) online. Ketemulah FJB Kaskus, eh di sana banyak orang jualan. Saya pun segera jeprat-jepret beberapa barang dagangan menggunakan kamera HP. Kemudian diposting di FJB Kaskus.

 

Posting pertama hari Sabtu sekitar pukul 21.00. Ternyata  langsung banyak orang yang menghubungi dan bertanya-tanya ini-itu.  Menjelang pukul 24.00 ada seorang yang deal. Esok harinya langsung COD-an.

 

Setelah itu, ketagihan deh. Jualan tidak hanya di FJB Kaskus, tapi juga di berbagai online store gratisan lainnya. Online store yang serius pun akhirnya saya buat di alamat : www.satulangit.co.id. Saya juga mendaftar sebagai member premium di salah satu online store.

 

Lama-lama, omset online store bisa mengalahkan omset  toko offline. Bahkan saya pernah menutup toko offline saya beberapa bulan karena malas jaga toko (keasyikan jualan online). Ketika sempat tutup tersebut, toko saya buka jika ada konsumen mau beli. Atau ketika ada yang ketuk-ketuk pintu (karena walau tutup, toh saya ada di dalam). Sekarang saya jarang jaga toko offline lagi karena ada pegawai, tapi bisa buka tiap hari. Enakan bisnis online saja, bisa disambi kesana-kemari.

 

Itu kisahku. Bagaimana kisahmu?

 

Note ini adalah salah satu jawaban untuk rekan-rekan yang bertanya :

  1. Mengapa memilih bisnis online?
  2. Bagaimana memulai bisnis online?

(www.faridmaruf.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

 
