Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Banting Harga, Perlukah?

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 20, 2012

FaridM.Com — Bagi seorang pemula dalam bisnis, maka banting harga adalah strategi penjualan yang biasanya dianggap paling mudah dan sukses dalam mendongkrak angka penjualan. Namun, apakah strategi ini memang benar-benar ampuh? Berikut ini sedikit kami bahas sisi positif dan negatifnya.

Sisi positif

  1. Angka penjualan langsung terdongkrak sehingga arus keuangan menjadi lancar dan memberikan income untuk perusahaan.
  2. Toko anda akan terkesan “lebih murah” di mata konsumen sehingga akan menumbuhkan rasa loyal konsumen untuk terus berbelanja di toko anda.

Sisi negatif

  1. Margin keuntungan yang kecil atau bahkan terlalu kecil membuat anda mau tidak mau harus bisa melakukan penjualan dalam kuantitas yang besar. Acapkali hal ini tidak bisa tercapai karena peminat atau segmen pembeli barang dagangan anda sudah terbatas jumlahnya. Alih-alih mendapatkan laba besar, bisa jadi anda malah rugi.
  2. Tindakan anda membanting harga, akan merangsang toko lain untuk juga melakukan hal yang sama. Tentu wajar jika toko lain merasa terancam citranya ketika konsumen tahu ada toko lain yang menjual barang sama dengan harga murah. Ketika hal ini terjadi, maka strategi anda dalam membanting harga tidak banyak berguna, toh toko lain juga menjual murah. Dalam kondisi pasar yang “perang harga” maka akhirnya semua penjual akan dirugikan. Dalam posisi ini, maka hanya toko besar yang punya banyak modal yang bisa bertahan. Sementara toko-toko kecil akan hancur dilibas oleh toko-toko besar.

Saran

  1. Jangan sering-sering melakukan banting harga. Bahkan kalau bisa, jangan lakukan strategi banting harga. Tapi kalau memang itu satu-satunya strategi yang anda bisa lakukan, maka anda bisa melakukan banting harga dengan istilah  “promo”. Misalnya promo hari besar keagamaan, hari kenaikan kelas para pelajar, dan lain sebagainya. Sebaiknya batasi masa promo anda, misal : selama tiga hari saja. Atau batasi dari sisi siapa yang berhak mendapatkan harga promo, misalnya promo khusus untuk pembeli yang menjadi anggota forum tertentu, pembeli yang masuk ranking 10 besar di kelasnya, dan lain sebagainya. Pembatasan ini diharapkan tidak akan merangsang toko lain untuk membanting harga secara permanen.
  2. Jangan melakukan banting harga ketika kondisi penjualan atau minat pembeli terhadap produk tersebut masih tinggi. Gunakan strategi lain, misalnya pengenalan terhadap toko anda bahwa toko anda menjual barang tersebut.

Akhir kata, gunakanlah strategi penjualan yang benar-benar smart. Banting harga adalah pilihan terakhir yang diambil ketika strategi-strategi lain sudah dianggap buntu. Selamat berbisnis. (www.faridm.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: