Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Folder System Volume Information, Tempat Virus Sembunyi

Posted by Farid Ma'ruf pada Mei 26, 2011

FaridM.Com – Beberapa hari yang lalu saya diamanahi untuk mengecek sebuah laptop yang spesifikasinya sudah lumayan, tetapi kinerjanya lemot abis. Padahal software yang dijalankan tidak banyak. Selidik punya selidik, sang pemilik menyimpulkan bahwa laptopnya terkena virus.

Ternyata benar. Anti virus langsung mendeteksi adanya virus hanya beberapa saat setelah laptop dinyalakan. Masalahnya, setelah diremove oleh anti virus, virus tersebut selalu muncul lagi dan muncul lagi

Singkat cerita, ternyata virus memang butuh tempat untuk bersembunyi. Salah satu tempat bersembunyi yang aman dan tersembunyi adalah di folder System Volume Information. Folder ini secara default tidak kelihatan. Wajar jika akhirnya sering luput dari perhatian kita.

Folder ini berguna untum menyimpan data-data agar komputer bisa direstore ke titik sebelumnya. Seperti kita ketahui, Windows punya fasiilitas restore, yang menggunakan acuan restoration point. Nah, di sinilah Windows menyimpan data-data tersebut.

Apabila kita tidak ada kebutuhan untuk melakukan restore, maka saya sarankan untuk disable saja fasilitas ini. Caranya cukup mudah. Dari menu Start, My Computer, Klik Kanan, Properties, System Restore, beri tanda cek pada kotak di depan tulisan Turn off System Restore on all drives, kemudian klik Apply dan OK. Semoga komputer anda lebih aman. (www.faridm.com)

 

2 Tanggapan to “Folder System Volume Information, Tempat Virus Sembunyi”

  1. […] Farid Maruf Blog […]

  2. Numpang baca pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: