Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Solusi File Terhapus

Posted by Farid Ma'ruf pada Februari 23, 2011

Oleh : Farid Ma’ruf*

FaridM.Com — Kehilangan data digital. Itulah salah satu bencana di abad modern ini. Di masa lalu, tidak ada orang yang mempunyai masalah ini. Tapi justru di zaman modern ini, muncul masalah baru yang membuat banyak orang pusing tujuh keliling.

Seorang pegawai BUMN kelimpungan ketika file-file di komputernya terhapus tanpa sengaja. Di tempat lain, seorang mahasiswa semester akhir UGM frustasi untuk melanjutkan menulis skripsi  gara-gara file skripsinya (termasuk hasil penelitian) terjebak di hardisk komputernya yang rusak. Padahal ia tidak punya backup file tersebut. Sementara itu, ada juga seorang trainer yang bingung karena file powerpoint yang ia susun dengan susah-payah terjebak dalam sebuah hardisk yang tidak terdeteksi. Ada juga seorang pengurus partai politik yang gelagapan mengetahui data-data partainya hilang karena hardisk salah format.

Anda mengalami masalah yang sama? Jangan buru-buru panik apalagi frustasi. Semua ada solusinya. Simak penjelasan berikut.

Dalam pembahasan kali ini, saya menganggap anda telah tanpa sengaja menghapus suatu file di hardisk anda, padahal anda tidak punya backup file tersebut.

Dimana file-file yang telah terhapus berada?

Pertanyaan pertama yang muncul adalah, kemana file-file yang telah tehapus tersebut? Apakah ia sudah musnah dari muka bumi dan berpindah ke alam baka? Eit, nanti dulu. Jangan berpikir terlalu jauh. Itu tidak benar bahkan salah besar. Menghapus suatu file sebenarnya hanya menghapus catatan yang digunakan Windows  terhadap file tersebut. Dengan kata lain, anda memerintahkan Windows untuk tidak lagi mengalokasikan space hardisk terhadap file tersebut. Nah, perintah anda tersebut akan benar-benar dilaksanakan oleh Windows ketika anda menambahkan file baru dan Windows menimpakan file baru tersebut di atas file lama. Jadi, selama anda belum menambahkan file baru dan Windows belum menimpakan data baru tersebut di atas file lama, sebenarnya data-data anda masih ada di hardisk, belum kemana-mana. Hanya saja, Windows tidak menampilkan file tersebut. Jadi, jangan buru-buru frustasi atau bahkan bunuh diri ya.. Just kidding.

Ingin baca lanjutannya ?

Langsung saja download file PDF-nya  di sini : http://solusi-file-terhapus.4shared.com/

2 Tanggapan to “Solusi File Terhapus”

  1. sebelumnya saya minta maaf yah kalau saya komentar lagi hehehehe

  2. el-Hazmy said

    ass. ust kalow harddisk nya dah di instal ulang bisa ga ya?
    Jaz

    Tanggapan :
    Masih bisa asalkan file belum tertimpa data lain.. Tp tentu tdk akan bisa selamat 100%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: