Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Melaporkan Akun Facebook Palsu

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 8, 2010

akun palsuFaridM.Com – Dunia maya memang banyak memberikan kemudahan. Sayangnya, kemudahan itu sering dimanfaatkan oleh orang-orang jahat dengan tindakan yang merugikan orang lain. Salah satunya adalah pemalsuan akun di situs jejaring sosial seperti di Friendster atau Facebook. Si pemalsu profil sengaja membuat akun Facebook dengan nama orang lain misalnya tokoh sehingga seolah-olah tokoh tersebut yang mempunyai akun Facebook tersebut.

Salah satu tokoh yang menjadi korban pemalsuan ini adalah Ustadz Ismail Yusanto (Jubir HTI). Si pemalsu sengaja membuat profil palsu, lengkap dengan fotonya. Ada dua akun Facebook atas nama Ust Ismail.  Salah satu akun palsu yang tampaknya banyak temannya. Sebagai orang yang sudah 10 tahun lebih mengenal Ust. Ismail, maka jelas mudah sekali mengenal kepalsuan akun ini. Apalagi dari posting statusnya yang jelas-jelas tidak mencerminkan syabab Hizbut Tahrir (isinya sangat provokatif).

Namun barangkali masih banyak orang (khususnya yang tidak begitu kenal dengan beliau) yang tertipu oleh akun ini. Walhasil, Ust. Ismail dan Hizbut Tahrir jelas-jelas menjadi pihak yang dirugikan oleh akun ini.

Oleh karena itu, tulisan ini sengaja saya publikasikan dengan harapan bisa diikuti sahabat-sahabat sekalian untuk bersama-sama melaporkan akun palsu ini. Semoga pihak Facebook segera menindaklajutinya dengan meremove. Sayangnya, pihak Facebook tidak mau melaporkan tindak lanjut atas laporan kita.

Langkah-langkah yang kita lakukan adalah sbb :

Pertama, buka profil palsu akun palsu Facebook tersebut. Kemudian arahkan mouse ke arah kiri bawah. Cari menu Laporkan/Blokir orang ini.

akun facebook palsu ismail yusanto

Klik untuk memperbesar

akun facebook palsu ismail yusanto

Klik untuk memperbesar

Kedua, akan muncul box menu yang harus kita isi dengan alasan mengapa akun tersebut harus kita laporkan untuk diblokir. Dalam kasus ini, kita pilih blokir (sehingga hubungan kita dengan akun palsu tersebut akan dihentikan).  Tapi jika hanya ingin melaporkan, opsi blokir tidak perlu diisi. Selain itu (ini yang lebih penting) laporkan akun palsu tersebut. Kita pilih profil palsu dan tidak mewakili orang yang sebenarnya.

akun facebook palsu ismail yusanto

akun facebook palsu ismail yusanto

Selesai. Kita berharap pihak Facebook akan menindak lanjuti laporan kita. Akan tetapi, jangan keburu senang jika akun palsu tersebut tidak lagi muncul di facebook kita. Hal ini karena kita sudah meminta pemblokiran sehingga akun palsu tersebut tidak muncul lagi. Akan tetapi bisa jadi akun palsu tersebut mamsih ada, hanya saja tidak muncul di Facebook kita karena diblokir hubungannya dengan akun kita. Jika anda tidak ingin memblokir, tapi hanya melaporkan, jangan centang menu blokir. Cukup laporkan saja.

akun facebook palsu ismail yusanto

Demikian, semoga bermanfaat. Dan mari kita laporkan akun palsu yang kita temukan. (www.faridm.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: