Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

CZ.CC Domain Gratis Tanpa Repot

Posted by Farid Ma'ruf pada Mei 2, 2010

Oleh : Farid Ma’ruf

FaridM.Com — Bagi kita yang hobi membuat website, domain adalah salah satu kebutuhan utama. Sayangnya, harga domain tidak bisa dibilang murah, terlebih kita harus memperpanjang masa sewa domain setiap tahun. Solusinya, kita bisa memaksimalkan fungsi sub domain, redirect gratis, dan domain gratis. Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan membahas yang terakhir saja yaitu domain gratis.

Mungkin kita telah lebih dahulu mengenal domain co.cc. Namun ternyata ada domain gratis yang lain juga, namanya cz.cc. Saya menyukai cz.cc karena proses pendaftarannya mudah dan cepat. Kebetulan, setelah saya setting domain (saya pakai fungsi name server) juga langsung bisa diakses tanpa butuh waktu lama. Berbeda ketika saya mendaftar domain ekstensi lain perlu waktu sampai beberapa jam untuk bisa terhubung dengan server hosting. Mungkin itu memang cuma kebetulan, tapi kebetulan yang menyenangkan.

Bagaimana cara mendaftarnya? Sangat mudah, silakan simak caranya sebagai berikut :

Pertama, buka halaman registrasinya (klik di sini)

Kedua, masukkan alamat domain yang anda inginkan di kotak yang tersedia. Misalnya : paijem.cz.cc. kemudian click CHECK AVAIBILITY.

Ketiga, jika domain yang anda pilih masih tersedia, tanda centang warna hijau akan muncul. Pastikan angka di sebelah kanan nilainya NOL. Hal ini karena alamat domain yang bagus harus dibayar dengan harga mahal. Misalnya, Linux.cz.cc masih available, tapi pertahunnya kita diminta membayar $5,25. Namun kalau anda memang berminat pada alamat tersebut, tidak ada salahnya anda membelinya.

Keempat, beri tanda centang pada kotak BUY, kemudian pilih Checkout jika anda hanya akan mendaftarkan satu alamat domain. Tapi kalau anda masih mau mendaftarkan domain lain, pilih Add to Cart.

Kelima, akan muncul halaman konfirmasi terhadap pendaftaran domain anda. Jika benar, silakan lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Keenam, pilih create a new account. Isi semua kolom yang tersedia di sana.

Ketujuh, cek email anda untuk membuka informasi email yang berisi kode aktivasi anda.

Kedelapan, setelah aktivasi selesai, tugas anda adalah memanage domain anda agar terhubung dengan server hosting anda. Klik My Domain di panel atas. Akan terihat daftar domain anda. Klik manage.

Kesembilan, akan muncul menu DNS, Zone Records & URL Forwarding. Pilih sesuai keinginan anda. Namun pada pembahasan kali ini, kita akan memilih Name Server. Masukkan alamat name server anda, misalnya : NS1.MIXMAXSPACE.COM dan NS2.MIXMAXSPACE.COM. Kemudian klik UPDATE


Kesepuluh, pastikan muncul konfirmasi Nameserver Status: Active.

Sampai di sini, tugas yang anda lakukan sudah selesai. Tugas anda berikutnya adalah menyetting server hosting anda.

Pertama, masuk ke CPANEL. Cari menu Addon Domain

Kedua, masukkan nama domain yang baru saja anda daftarkan tadi (pastikan ditulis dengan benar). Misalnya : paijem.cz.cc (alamat domain ini hanya contoh, saya sama sekali tidak ada hubungan dengan paijem). Kemudian klik Add Domain.

Tugas selesai. Sudah tidak sabar untuk mendaftar, silakan klik banner di bawah ini. (www.farid.com)

Sumber : www.faridm.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: