Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Waspadai Situs Internet Banking BII Palsu

Posted by Farid Ma'ruf pada April 1, 2009

Baru saja saya membuka inbox email yahoo saya, dan saya menemukan sebuah email yang saya duga 99,99% PALSU. Email tersebut nama email sendernya adalah Bank Internasional Indonesia dengan judul pesan 1 New Message. Setelah saya buka pesannya, nampak sebagai berikut :

1 New Message

Tuesday, March 31, 2009 6:54 PM

From: “Bank Internasional Indonesia” <bii@online.co.id>

To: undisclosed-recipients

Isi pesan adalah :

1 New Message

We’d like to inform you that your secure mailbox has 1 new message.

Please login to your Internet Banking and visit the EMail to read the message.


Login to Internet Banking

https://www.bankbii.com/

Berikut ini capture emailnya (klik untuk memperbesar gambar):

email palsu BII

email palsu BII

Jangan tertipu dengan link tersebut. Kalau kita klik, maka link bukan mengarah ke situs yang tertulis, tetapi mengharah ke situ BII palsu yang alamatnya adalah : http://dsl-217-155-36-180.zen.co.uk/

atau setelah dibuka : http://99.11.10.246/bankbii.com//


Saya coba klik link tersebut (saya sarankan anda tidak mencoba mengkliknya), dan saya dapatkan sebuah halaman BII palsu dengan tampilan seperti berikut : (klik untuk memperbesar gambar)

situs internet banking BII palsu

situs internet banking BII palsu

Saya pun nekat mencoba login (tentu dengan data palsu); dan saya diantar ke alamat https://www.bankbii.com/ (saya sarankan jangan dicoba karena kalau anda lakukan maka data internet banking anda di BII akan dicuri oleh si penjahat internet ini).

Anda akan diantar ke alamat : https://www.bankbii.com/

Tampilannya sebagai berikut : (klik untuk memperbesar gambar)

situs BII palsu setelah login

situs BII palsu setelah login

Tentu aneh, data palsu kok bisa diterima login. Namun bagi si penipu, tentu tidak aneh karena ia hanya ingin mengambil user name dan password nasabah BII.

Pesan saya, WASPADALAH. Jangan terburu-buru membuka suatu alamat yang dikirimkan dari email. Perhatikan betul alamat di address bar. Beda satu huruf saja, berarti palsu.

Sementara ini dulu postingan saya. Nanti kalau ada waktu akan saya tambah update informasinya. (www.faridmaruf.wordpress.com)

Update :

Sore ini saya buka web palsu BII, dan saya dapatkan peringatan seperti ini :

Reported Web Forgery!
This web site at 99.11.10.246 has been reported as a web forgery and has been blocked based on your security preferences.

Web forgeries are designed to trick you into revealing personal or financial information by imitating sources you may trust.

Entering any information on this web page may result in identity theft or other fraud.

web-palsu-bii-sdh-diketahui

web-palsu-bii-sdh-diketahui

Update :

Ada email penipuan dg cara hampir sama. Kali ini mengatas namakan Standard Chartered Bank. Calon korban diarahkan untuk membuka alamat : http://cabric.net/. Tapi untuk mengelabui, ditulis : https://online-banking.standardchartered.co.id.

Email palsu Standard Chartered Bank

Email palsu Standard Chartered Bank

9 Tanggapan to “Waspadai Situs Internet Banking BII Palsu”

  1. Arnold said

    wah up to date sekali mas farid, thanks infonya..

    sebenarnya saya tertawa dapat email dari bii ini, secara saya ga pernah nabung di BII ^^v

    “Saya pun nekat mencoba login (tentu dengan data palsu); dan saya diantar ke alamat https://www.bankbii.com/ (saya sarankan jangan dicoba karena kalau anda lakukan maka data internet banking anda di BII akan dicuri oleh si penjahat internet ini)”

    haha.. sama mas, apa yang situ lakukan saya juga coba lakukan..

    “Pesan saya, WASPADALAH. Jangan terburu-buru membuka suatu alamat yang dikirimkan dari email. Perhatikan betul alamat di address bar. Beda satu huruf saja, berarti palsu.”

    gak cuma itu, kek nih situs bii palsu, klo orang yg gak cermat & teliti sudah habis deh dikerjain sm tuh PENJAHAT!

    Be careful!

  2. Humor lucu said

    semakin canggih saja penipuan zaman sekarang. Kira-kira orang mana ya yg niat amat untuk melakukan penipuan sampai-sampai buat web yg mirip punya bii?

  3. karti said

    TERIMA KASIH MAS INFO NYA ,GILA BANGET YA KEJAHATAN JAMAN SEKARANG !!!!

  4. andryans said

    dear all,
    sedikit tips dr saya:

    • Ketika mengunjungi situs BII, pastikan Anda terhubung ke http://www.bii.co.id. Ketika melakukan login pastikan Anda terhubung ke https://www.bankbii.com atau http://www.bankbii.com:443/index.asp.
    • Memperhatikan dengan seksama e-mail yang mengatasnamakan BII.
    • Secepatnya mengubah password Internet Banking, bagi Anda yang telah terjebak situs palsu Internet Banking.

    login asal di situs palsu tsb pasti akan meneruskan karena pada dasarnya si hacker ini ingin mengambil userid & password… setelah login akan di redirect ke situs asli IB bii dengan demikian nasabah awam khususnya akan menganggap situs IB bii asli tapi kl kita lengah dibalik itu semua userid & pwd sudah terekam oleh situs palsu tsb.

  5. kucing said

    Bagi yang menggunakan browser mozilla segera laporkan situs tersebut sebagai phising. Nanti mozilla akan memblokir pengunjung yang membuka halaman tersebut.
    carae:
    Buka Mozilla
    klik menu Help
    klik report phising
    masukkan URL situs tersebut.

  6. rianpulsa said

    bagus tuh blog nya ttg info-info Penting & bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

 
