Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Tahun Ini Tarif Internet Turun 200%

Posted by Farid Ma'ruf pada Februari 23, 2009

JAKARTA (KR) – Rencana penurunan tarif internet pada tahun 2009 ini diharapkan mampu menurunkan tingkat belanja atau biaya konsumsi, tetapi di sisi lain juga menaikkan content yang dapat didownload ataupun diupload konsumen.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh mengatakan, pihaknya mendorong penurunan tarif internet tidak sekadar 100% tetapi mencapai 200% pada tahun ini. “Kami akan turunkan (tarif internet) bukan 100%, tetapi 200%,” kata Muhammad Nuh di Jakarta kemarin.
Namun Menkominfo juga menekankan bahwa penurunan itu harus realistis, karena saat ini tarif internet sangat tergantung penyedia layanan internet (ISP). Pihak ISP ada yang menawarkan tarif sangat mahal, tetapi sebaliknya ada pula yang menawarkan tarif sangat murah.
“Kenapa bisa begitu? Hal itu paling tidak dipengaruhi dua hal, yaitu investasi yang terlalu mahal dan captive market yang kecil sehingga tarif ritel naik,” katanya.
Karena itu, pihaknya akan mendorong agar market bisa semakin besar. “Internet itu digunakan oleh satu orang tetap sama dengan dipakai oleh 10 orang. Ini yang harus dicari trade off-nya,” katanya.
Sedang Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo Cahyana Ahmadjayadi seperti dikutip Antara menyatakan, penurunan tarif internet itu bukan untuk menurunkan belanja, tetapi menaikkan content yang bisa didownload bahkan diupload pelanggan. Pihaknya menargetkan peningkatan download dan upload content dapat mencapai dua kali lipat dibandingkan saat ini.
Cahyana mencontohkan, bila biaya belanja internet seseorang yang semula Rp 5 juta/bulan, maka ketika tarif diturunkan diharapkan orang tersebut tidak mengurangi jumlah belanjanya tetapi menaikkan bandwithnya.
“Tarif internet murah diharapkan mendorong sewa bandwith lebih besar. Jika harga turun, maka dengan biaya yang sama akan mendapatkan bandwith yang lebih besar, sehingga content yang dapat didownload akan lebih banyak,” katanya.
Menurutnya, apapun bentuk infrastruktur teknologi informasi, seluruhnya sama di dunia ini. Yang membedakan adalah contentnya. Karena itu, industri content harus dipacu agar menjadi nilai tambah tersendiri dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) nasional.
Muhammad Nuh menambahkan, pihaknya tidak akan menerbitkan regulasi terkait penurunan tarif internet ini, tetapi lebih ke arah regulasi yang dapat mendorong agar tarif dapat turun. Contoh sederhananya dengan mempermudah proses perizinan dan uji wilayah.
(San/Imd)-s

sumber : Harian Kedaulatan Rakyat

2 Tanggapan to “Tahun Ini Tarif Internet Turun 200%”

  1. Dens said

    Enak bacanya juga. Gembira dech. Makasih infonya, kawan.

  2. revoltnet said

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh mengatakan, pihaknya mendorong penurunan tarif internet tidak sekadar 100% tetapi mencapai 200% pada tahun ini. “Kami akan turunkan (tarif internet) bukan 100%, tetapi 200%,” kata Muhammad Nuh di Jakarta kemarin

    Lucu pak nuh nih.. Turun 200% itu brapa itungan duitnya? diskon 100% aja udah berarti gratis. Lha ini super gratis? capek deh.. pak pak.. mbok yo klo ngaku professor jangan seperti ini to.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: