Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Asal Tancap Flash Drive, Data Hancur

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 29, 2007

Oleh : Farid Ma’ruf

Pagi sampai siang tadi, saya diundang mengisi seminar tentang remaja dan teknologi di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Bagian saya, tentu terkait teknologi dan Islam. Saya presentasikan makalah berjudul “Hidup Islami dengan Teknologi”. Sesaat sebelum presentasi, saya berikan flash drive yang berisi file powerpoint presentasi saya kepada panitia (operator laptop). Operator menancapkan flash drive saya di laptopnya (yang belakangan saya ketahui bervirus). Beberapa menit kemudian, operator menghubungi saya bahwa file Curiculum Vitae saya (yang berekstensi *.doc) tidak bisa dibuka. File itu telah berganti menjadi application. Situasi saya yang sudah di depan ratusan peserta seminar jelas tidak mendukung saya untuk menyelidik lebih lanjut “keanehan” ini. Saya bilang : “Ya sudah. Buka saja file powerpoint! Di sana juga ada CV saya”. Saya belum menyadari bahwa hal ini adalah awal “malapetaka”. Saya pikir : “Ah, paling virus yang biasa. Tidak masalah.” Selama seminar berlangsung sekitar tiga jam, flash drive tetap menancap di laptop panitia. Usai seminar, baru panitia mengembalikan flash drive saya.

Sore hari setelah maghrib, saya bermaksud membuka beberapa dokumen yang belum sempat saya pelajari hari kemarin. Di sinilah saya mulai sadar bahwa data di flash drive saya telah rusak jauh melebihi estimasi saya. Virus ini ternyata telah menghancurkan banyak data. Saya pun terkaget-kaget.

File-file saya yang berekstensi *doc banyak yang rusak. Semua file *doc yang ada di tidak di folder atau di folder tetapi lapis ke satu hampir semuanya rusak. Sementara file yang ada di folder dan di dalam folder lagi (semakin dalam foldernya) tidak rusak. File-file itu terlihat masih ada, hampir tidak ada perbedaan dengan aslinya, khususnya jika windows explorer menampilkan tampilan standard (default). Akan tetapi, jika ditampilkan details, show ekstensions (cara yang sudah saya jelaskan di posting sebelumnya), maka akan terlihat bahwa file telah berubah menjadi *.exe dengan tipe application. Sudah pasti, ini file virus. Saya mencoba mencari file aslinya, mungkin tersembunyi (hidden). Ternyata tidak. File asli sudah hilang entah kemana, sementara yang tersedia hanya file virus sialan itu.

Segera saya aktifkan anti virus (kebetulan anti virus memang saya matikan karena saya sedang mempelajari beberapa tools untuk hacker yang tools itu akan mati jika anti virus dihidupkan). Saya buka kembali folder tempat file tadi. Langsung terdeteksi adanya virus. Anti virus segera menghapusnya tanpa basa-basi. Anti virus mendeteksi virus itu sebagai Backdoor.trojan

Saya cek beberapa folder lain. Kejadian sama, file asli telah berganti menjadi file virus. Sialnya, banyak data yang hanya saya simpan di flash drive dan tidak saya simpan di hardisk ataupun backup ke CD. Inilah mengapa saya sebut sebagai “malapetaka”. Lebih dari tujuh puluh file saya yang berekstensi *doc dan *.xls dihancurkan oleh virus. Lemes deh.

 

Kejadian tersebut  menjadi pelajaran bagi kita semua. Berikut beberapa pelajaran yang bisa kita petik :

  1. Jangan pernah menyimpan data penting HANYA di flash drive. Simpanlah selalu salinannya di hardisk dan backuplah ke CD. Apabila tiba-tiba flash drive anda terkena virus, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa langsung menghapusnya. Toh anda masih punya file salinannya.
  2. Jangan sembarangan menancapkan flash drive di sembarang komputer. Pastikan dulu komputer itu bebas virus, baru anda boleh memasang flash drive. Ibarat manusia, jika flash drive anda ditancapkan di sembarang komputer tanpa pengaman, sama saja dengan manusia yang melakukan pergaulan bebas. Akibatnya, bisa tertulas virus HIV yang mematikan. Makanya, jaga diri (juga flash drive) dari pergaulan bebas. Boleh bergaul asal sudah “aman”.
  3. Pastikan komputer tujuan aman (minimal, lakukan cara seperti yang saya contohkan di posting terdahulu). Jika ragu-ragu, backup dulu data anda. Jangan sampai anda gagal presentasi gara-gara file kena virus.
  4. Kompres data anda. Seperti saya ceritakan di atas, virus backdoor.trojan ini hanya menyerang file berekstensi *.doc dan *.xls. Artinya, file-file lain tidak diserang. Oleh karena itu, data terkompresi (*.rar atau *.zip) tetap aman.
  5. Buat ekstensi alternatif. Terkait poin nomor empat, maka ekstensi alternatif juga bisa anda lakukan. Misal, file *.doc anda simpan juga dalam ekstensi *.odt (Open Office Document). Sampai saat ini terbukti aman. Bisa juga file anda buat menjadi ekstensi lain terserah anda. Virus tidak akan menyerangnya. Misalnya, file *.doc anda ganti menjadi berekstensi *.far (ekstensi ini tidak ada/tidak dikenal). Nah, pasti akan aman.
  6. Lepas SEGERA flash drive anda dari komputer pada detik yang sama ketika anda tahu bahwa komputer itu telah terinfeksi virus. Jika flash drive tidak segera anda lepas, maka virus akan terus bekerja untuk menghancurkan data anda. Akan tetapi, jika segera anda lepas, maka akan meminimalisir data yang rusak karena serangan virus.
  7. Jangan lupa, gunakan anti virus update terbaru. Cara ini paling mudah untuk dilakukan. Maka nasehatkan agar teman-teman anda juga memakai anti virus untuk perlindungan. Walaupun tidak dijamin aman (baca artikel: Anti Virus Tidak Efektif), tetapi akan membantu anda menangkal virus-virus yang sudah ada serumnya. (www.faridmaruf.wordpress.com)

 

Setiap kejadian ada hikmahnya. Tidak perlu larut dalam menyesali apa yang sudah terjadi. Fokuslah pada “Jangan sampai kejadian ini terjadi lagi. Termasuk, jangan sampai terjadi lagi pada anda!”.

 

Farid Ma’ruf

Yogyakarta, 28 Juni 2007

 

(buka versi pdf untuk membaca dokumen ini yang dilengkapi gambar penjelas)

4 Tanggapan to “Asal Tancap Flash Drive, Data Hancur”

  1. arul said

    iya.. kejadiannya kalo saya kena virus selingkuh… data2 hilang…
    ugh

  2. fatahfajtan said

    mas cara make fasilitas readmore di wp gmn?

  3. fatahfajtan said

    cara download file ceramah antum gimana ya?kox bingung

    Jawab :
    Susah ya? ya bsk sy usahakan perbaiki

  4. Lutfan said

    Jagalah Flash Drive “ANDA”,
    jangan asal tancep…

    *yang sering tugas ke luar kota
    inggat pesan ini PENTING!!!

Tinggalkan Balasan

 
