Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

LUPA PASSWORD, NASIB…

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 14, 2007

 

Farid Ma’ruf. Bagaimana rasanya jika kita lupa pada password yang kita buat sendiri? Wah, jengkel banget. Juga nyesel, “mengapa dulu buat password yang susah-susah?”. Maunya sih agar tidak ada orang iseng atau jahat yang merusak kepentingan kita. Tapi, kalau malah kita sendiri yang lupa, kan repot.

Saya pernah terpaksa ganti alamat email gara-gara saya lupa password email saya sendiri. Mencoba menu pengingat juga tidak membantu karena dulu saya asal mengisi. Huh. Sebel. Lain waktu, saya butuh uang mendesak. Segeralah saya melaju ke ATM dekat rumah. Apa disangka, ternyata saya lupa nomor PIN saya sendiri. Langsung diblokir deh sama bank-nya. Terpaksa harus berurusan dengan Customer Service Officer (CSO) bank tersebut. Sialnya, CSO sibuk banget melayani nasabah. Jadi harus antriiii. Padahal aku kan butuh duitnya sekarang. Terpaksa deh harus sabar-sabar-sabar menunggu giliran dipanggil Pak CSO. Ketika giliranku dilayani sudah tiba, aku sedikit lega karena prosedurnya tidak rumit-rumit amat. Sayangnya, Pak CSO bilang kalau kartu ATM baru bisa dipakai paling cepat satu jam dari saat kode dibereskan. Waduh-duh. Aku kan butuhnya sekarang Pak… Btw, pada akhirnya aku sadar bahwa seharusnya aku justru harus berterima kasih sama bank tersebut. Karena, bank langsung memblokir ketika ada kesalahan pemasukan PIN walau hanya sekali. Ini tentu melindungi nasabah dari kejahatan. Kedua, Pak CSO-nya juga ramah. Image bahwa Customer Service harus gadis cantik itu salah. Tuh, CSO-nya laki-laki bahkan sudah bapak-bapak berumur (heh, kok tidak nyambung ngomongnya).

Nah, ini yang paling sering. Aku membuat dokumen yang aku proteksi dengan password. Baik dokumen word, pdf, zip, ataupun tipe-tipe lainnya. Aku proteksi agar tidak bisa dibuka sembarang orang (need password to open document) atau proteksi agar dokumen tidak bisa diedit oleh orang lain. Karena file-file yang aku proteksi cukup banyak, maka password yang kugunakan juga banyak. Sialnya, aku tidak pernah mencatat password yang aku masukkan apa. Jadi, saat aku berniat membuka atau mengedit, barulah aku kebingungan sendiri. Passwordnya apa ya?

Tapi, sekarang aku tidak bingung-bingung lagi. Aku sudah menemukan cara agar tidak lupa password. Tetapi, sudah aku buat agar tidak mudah ditebak orang lain. Jadi, semacam ada rumusnya gitu. Rumus itu mudah aku ingat, tetapi orang lain sulit mengetahuinya. Terus, kalau terpaksanya lupa beneran, aku sekarang juga bisa membongkar password dokumenku. Memang, untuk membongkar password butuh waktu relatif lama alias nglembur. Tapi, daripada tidak bisa membuka dokumen, walau lama dan sedikit melelahkan tidak apalah. Zzzzz.

Lupa password, password hilang, not again.  (www.faridmaruf.wordpress.com)

2 Tanggapan to “LUPA PASSWORD, NASIB…”

  1. ermerah said

    Saya baru aja kehilangan password buat buka MMC saya.
    Tolong bagaimana caranya utk membongkar password yg ada di MMC saya.
    Saya perlu banget nih

  2. Hon_^ said

    Sma sperti Elmerah,,
    aku jg lupa password di kartu mmc sya.. Jd cra untuk aktifkan mmc sya yang trkunci bgmana caranya..? Tlong d jwab yach,,!

Tinggalkan Balasan

 
