Farid Ma'ruf

Dunia Teknologi, Sastra, dan Dakwah

Waspadai SMS Penipuan Berkedok Agen Pulsa

Posted by Farid Ma'ruf pada 09/03/2011

FaridM.Com — SMS berisi iklan memang sering saya dapat. Ada yang iklan betulan, tapi ada juga yang iklan penipuan. Nah, kali ini saya cerita yang penipuan.

Ini smsnya :

Kesempatan jadi AGEN MKIOS/MTRONIK ALL Operator,harga v5=4500=v10=8500 v20=18rb v25=23rb v50=45rb v100=95rb

Cara ketik DAFTAR kirim ke 0878xxxxxxxx

Saya coba ikuti perintahnya, dan dapat balasan :

SELAMAT! Bergabung di MKIOS Pin anda 1234.saldo saat ini RP.0 utk bertransaksi anda harus isi DEPOSIT.Ketik INFO kirim ke 0878xxxxxxxx

Dan seterusnya masih banyak sms reply sesuai kode yang kita kirim, tidak akan saya ceritakan semua. Tapi sms ini yang sangat mencurigakan :

DEPOSIT awal 100rb, DEPOSIT ke-2  500rbdpt BONUS 100rb.Utk AKTIVASI saldo DEPOSIT,Hub CS 0878xxxxxxxx.saldo yg sdh dikirim tdk dpt di TARIK atau di BATALKAN..!!

Saya menduga, ini adalah penipuan karena harganya terlalu murah dan tidak jelas siapa penjualnya.

Saya pun mencoba mencari di beberapa forum dan blog, dan ternyata didapatkan kisah serupa walaupun dengan nomor pengirim sms yang berbeda. Ini lanjutan kisahnya jika DEPOSIT :

  1. Ketika ikut mendaftar sebagai AGEN dengan kirim DEPOSIT sebesar Rp 100rb, maka pengisian pulsa akan lancar-lancar saja, sampai DEPOSIT habis.
  2. Ketika kirim DEPOSIT berikutnya sebesar Rp 500rb, maka pengisian  pulsa hanya dua kali lancar, setelah itu gagal terus. Ketika menghubungi nomor CS, maka selalu terdengar nada sibuk.

Jika ada yang sudah terlanjur tertipu, harap laporkan ke polisi. Jadikan sms dan print out bank/ATM ketika transfer ke rekening  penipu (pada saat kirim DEPOSIT) sebagai bukti.  Di print out bank/ATM tentu ada nama asli si penipu.

Apabila memang serius mau berbisnis pulsa, sebaiknya :

  1. Cari informasi siapa penjualnya, dimana alamatnya, kredibilitasnya. Satu kota/daerah lebih baik sehingga mudah untuk komunikasi/komplain.
  2. Cari informasi harga yang wajar. Harga tidak wajar tentu sangat mencurigakan.

Semoga kita semua bisa waspada dan tidak mudah gegabah memutuskan sesuatu. Keep sharing. www.faridm.com

Update :

Surat Pembaca di harian Kedaulatan Rakyat dengan kasus yang kurang lebih sama :

Penipuan Berkedok Bisnis Pulsa
PADA tanggal 6 Februari 2011 saya mendapat SMS penawaran untuk menjadi agen pulsa M-Tronik dari Multi Cell yang mengaku beralamat di Plasa Semanggi Jl Jenderal Sudirman No 37 Blok B 147-149 Kavling 27 Lt 9 Jakarta Selatan, dengan harga voucher pulsa yang sangat murah:  v5 : 4.500; v10 : 8.500; -v20 : 18.000; -v50 : 45.000; -v100 : 90.000.
Dengan syarat deposit uang terlebih dahulu minimal sebesar Rp 100.000, untuk deposit yang pertama dan Rp 500.000 untuk deposit yang kedua dan seterusnya, melalui transfer ke sejumlah nomor rekening yang sudah ditentukan. Karena tertarik dengan harga pulsa yang sangat murah tersebut, saya menyetor uang sebesar Rp 100.000 melalui salah satu rekening tersebut lalu mengonfirmasikan ke SMS centernya di nomor 087827222177.
Setelah itu saya coba untuk mengisi pulsa ke salah satu nomor HP senilai Rp 10.000, dan berhasil. Namun untuk pengisian pulsa selanjutnya sudah tidak dapat saya lakukan lagi. Hal ini sudah saya sampaikan berkali-kali ke SMS centernya tetapi tidak ada tanggapan sama sekali dan sampai saat ini untuk pengisian pulsa selanjutnya tetap tidak dapat saya lakukan lagi.
Saya baru sadar ternyata ini adalah penipuan melalui SMS dengan kedok bisnis pulsa. Untuk itu kepada pembaca yang mendapatkan SMS penawaran bisnis pulsa seperti ini supaya tidak usah ditanggapi, agar tidak mengalami kebodohan seperti yang sudah saya lakukan. q – s. (2974-2011).
Siswanto Purnomo, Jatimulyo
TR I/569 Kricak, Yogya 55242.

Sumber : http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=235765&actmenu=39

 

19 Tanggapan to “Waspadai SMS Penipuan Berkedok Agen Pulsa”

  1. chandrapzm said

    iya, sering juga dapet sms kayak gini. cuma karena sangat-sangat tidak yakin makanya dibiarin ae :))

  2. andi p said

    Kok nomernya pakai xxx, nih yang asli nomernya sms center 087878787079 dan depositnya di 087878787279.

    Tanggapan : Nomor yg dipakai sering berbeda-beda

  3. justice said

    sepertinya saya juga barusan ditipu… Modusnya sama
    uang tak kembali dukun bertindak…

  4. justice said

    hati2 dg nomor2 ini 085213779194
    087876417770
    081998442395
    nomor rekeningnya a/n Nanda Suleman

  5. DR CELL said

    Jaman skrg bnyk yg mau dpet duit dengan cara penipuan,,w jga sering dpet sms kya gtu,,w ikutin pa maunya dia,tpi w kga deposit,yg w heran 1 no w daftrin k’no pndftran yg berbda” tpi 1 alamat yaitu di plasa semanggi tpi ko bsa,setau w klw qta udh dftar ke 1 almat psti ga bkl bsa dftar lgi..W dtengin ja ke plasa semanggi yg ktanya nmanya pt. Central cell trnyta w dtengin sesuai alamat itu butik..Hehehe..

  6. kliwon said

    untung q buka web ini
    sehingga q ngak jd tranfer ke rekening yg diatas
    q dapat sms penawaran tanggal 9 11 2011

  7. nier said

    q jg kn tpu bl april lalu malah q trlnjur trnsfer bnyk ykni pd dpst 1 n krn pgn dpt jual pulsa murah mk q dpst ke 2 q trnsfer stngahx q kira dah bs dpke eh trnyta enggk bs n kselx lg ktanya q hrs mlengkapi (menutup) dpsit ke 2 bru bs..y q mkir kyaknya q ditipu nih jd q gk trnsfer lg deh..

  8. akrom said

    Jangan percaya dengan orang yg punya rekening ini 010701051842504 a/n nanda sulaeman penipu bermodus telepon dan pulsa .aku udah terkena sebesar 550.000 moga2 dia dilaknat oleh allah

  9. santha said

    trims gan .. izin copas ya LINK blog nya 🙂 buat di share .. trims

  10. irwan said

    dr sekian banyak korban penipuan pulsa yg sdh sy baca di blok saya adl korban terbesar,yaitu 9jt raib digaglak penipu anjing keparat,krn saldo tab saya cm sgtu,seandainya saldo sy ada 100jt mslnya,jg akn hbs smua,plg cm tersisa 100rb,krrn saking pandainya menghipnotis sy lwt tlp,smg mereka mendpt balasan dr Allah swt.mereka itu org pintar tp sdh terorganisir utk melakukan aksinya.

  11. Dini said

    Saya juga mengalami yang sama ,mereka menyuruh saya deposit 100 rb,dan ke dua.saya dwajibkan 700 rbu dgan bonus 15%,setelah dEPOsit ke dua,saya tranFer,begITu saya transaksi bisa,namun akhirnya saya nggak bisa,nah dapet smz kalau saldo saya diblokir gitu!gara2 ada saldo bertambh 8 juta,nah gitU SAYA suruh tranFer sbesar 8 jt.pi saya gak mau karna gak ada uang sebesar itU,SAYA hanya tranfER 2 JT,diterima,dgn janjian waktU 1 jam uang akn dikembAlikan ke rekening saya,bAru bisa ngebuka blokiran saldo.saya!pi sampai skrang gag ada!inilah kisah saya tgl 02 maret 2013

  12. nadine said

    saya jg dpt sms sm persis sprti itu..
    lalu sy cb beli 100 rb..tp yg sy dpt cm 30 rb..
    ktnya..sy hrus beli 500rb..ntr dpt bonus 100rb,dan dksh sisanya 70rb..

    sy pkir,,sy beli 100 kq cm dksh 30..
    mn bisa…
    lalu udh gk prcy lg sya

  13. Abdullah said

    Seperti saya dulu..Saya juga sama Anda…

  14. mcc said

    ini jg sms penipuan agen pulsa

    Jaya Pulsa
    cari agen u/jual pulsa all operator /PLN
    harga: p5:4500
    p10:8500
    p20:17rb
    u/info ketik JAYA kirim ke 082333222778
    http://www.m-pulsajkt.jimdo.com

    webnya setelah saya cek ternyata fiktif alias tdk ditemukan
    harga yg ditawarkan sangat murah, lebih murah daripada ngambil ke operator langsung. gak rasional,,, berarti PENIPUAN…….
    awas jgn terkecoh dgn harga murah.. pakai akalmu sobat…

  15. devidas said

    huuuaaaa…barusan gw jg ketipu totalnya 1 juta 200 rb nama agennya Jaya Raya Pulsa…no rek mandiri 139 001190 3329 a.n Reza Mulyanto no telp 082231460497

  16. Cape deh deh barusan ketipu juga di Mitrareload deposit 150.000 tak ada balasan lagi, Hati2 klo ada sms agen pulsa murah Mitrareload. nopenya 082238861025, 082238861047 alamat di Jakarta…Rek penipu an Nanik herlina 318701012025530, Gpp buat sumbangan..semoga digunakan dengan baik ya..semoga dapat balasan setimpal..dari Yang kuasa.

  17. zAKe said

    pelakunya ahli informasi…
    semakin banyak dia mendapat informasi, semakin pandai dia merubah modusnya…
    jika anda korban memiliki teman ahli bidang IT sistem informasi, anda bisa meminta tolong dengan dia ketimbang polisi tidur…

  18. suheri said

    saya pun kena tipu ..dengan mondus sama.. dan no penipunya #08779744415.dan sapai sekarang tidak ada hadiahnya..

  19. zmy.iar@gmail.com said

    Slam kenal sobat bloger,,
    Mngenai artikel di atas,,sya mau berbagi pengalaman ni..tanggal 24 agustus 2015 istri sy mengalmi hal yang sma percis dengan hal di ats,,
    Dan sya bru tau indikasi pnipuan trsbut stlah bca artikel diatas,,trmkasih sblumnya,,sngnt mmbntu kmi yg krang informasi,,untungnya saat ini kmi tidak tranfer deposit smpe jtaan,,berkat artikel ini hal trsbut dpat kmi cegah,,
    Skdar berbagi,, modus diats kini mlalui bc di bbm,, sklian jg mnambhkn bt rekan rekan ni adalah kontak.si penipu,,
    081368625195,,082341804199,,
    Alamt website si penipu http://medicomchip.weebly.com
    Dan memakai nama di rekening dengan SORAYA BADJIDEH NO REK BRI 038701003154533
    Mhon kpada agan bloger yg baik hti,,agar d sbarkan infonya biar ksus ni tdk trjadi lgi bt rekan.rekan kta yang.lainnya,,
    Sblumnya trmkasih gan,, smga mmbntu

Tinggalkan komentar