Farid Ma'ruf

Informasi Bisnis Internet, Dunia Komputer, dan Dakwah

Solusi Hardisk Tidak Terdeteksi

Posted by Farid Ma'ruf pada Januari 19, 2011

Hardisk External USB Samsung 320 GB

Hardisk External USB Samsung 320 GB

Sebuah hardisk external Merk Samsung berkapasitas 320 GB mendadak tidak bisa terdeteksi. Menurut pemilik hardisk, ia baru saja memindahkan file-file dari laptop pribadi, laptop perusahaan, dan komputer kantornya. Setelah file-file selesai dipindahkan, file-file di laptop dan komputer tersebut ia hapus. Justru saat itulah malapetaka tersebut dimulai. Hardisk external mendadak tidak bisa dideteksi. Padahal file-file tersebut sangat penting, dan ia sudah tidak punya backup lagi.

Ketika kami memasangnya di komputer kami, Windows mendeteksi adanya external hardisk tersebut. Tetapi ketika kami membuka My Computer, sama sekali tidak ada drive yang terdeteksi. Bahkan komputer menjadi diam, lambat/hampir tidak merespon. Berarti memang benar ada yang tidak beres dengan hardisk ini.

Kami mencoba mengecek partisi hardisk ini. Ditemukan satu partisi saja sebesar 320 GB. Rupanya pemilik hardisk tidak membagi hardisk ini menjadi beberapa partisi. Kami pun melanjutkan dengan mengecek isi partisi tersebut. Setelah beberapa saat, langsung ditemukan banyak ketidakberesan file-file yang ada di dalamnya. Ketika partisi terdeteksi, software anti virus langsung menemukan beberapa virus di hardisk tersebut.

Proses recovery terus dijalankan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat file-file yang ada mencapai sekitar 100 GB, terdiri dari file-file foto, film, dokumen, dan file-file simpanan hasil browsing di internet yang jumlahnya banyak namun dengan ukuran kecil-kecil.

Setelah beberapa jam, akhirnya proses recovery selesai. Sebelum kami mengecek ulang file-file yang ada di sana, kami jalankan dulu software anti virus untuk menscan total seluruh isi hardisk. Lagi-lagi ini menjadi proses yang cukup lama.

Setelah selesai proses scan virus, di result terlihat ada beberapa virus yang menginfeksi. Software anti virus pun kami perintah untuk membersihkannya. Kami pun melanjutkan langkah dengan mengecek secara manual  file-file di dalam hardisk tersebut. Semua terlihat normal dan tidak rusak. Alhamdulillah. Proses recovery ini berhasil menyelamatkan 100% data.

Anda mengalami masalah serupa? Jangan panik ! Segera lepas hardisk anda, dan bawa ke kantor kami. Kami siap membantu anda. Hubungi kami segera di nomor telepon : 0274-2660609 atau sms ke : 08175423370. (www.satulangit.co.id)

Proses recovery sedang berjalan

Proses recovery sedang berjalan

Laporan hasil recovery

Laporan hasil recovery

Sumber : http://satulangit.co.id/2011/01/solusi-hardisk-tidak-terdeteksi/

About these ads

Satu Tanggapan to “Solusi Hardisk Tidak Terdeteksi”

  1. gigih said

    salam kenal dan terimakasieh inpone >.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 498 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: